Yenny Wahid: Oposisi Kritis Konstruktif Dibutuhkan :: Nusantaratv.com

Yenny Wahid: Oposisi Kritis Konstruktif Dibutuhkan

Yenny Wahid menilai penting keberadaan oposisi di pemerintahan mendatang
Yenny Wahid: Oposisi Kritis Konstruktif Dibutuhkan
Yenny Wahid (Poskotanews)

Jakarta, Nusantaratv.com -Putri mantan Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, menilai oposisi tetap dibutuhkan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Tujuannya untuk menjaga keseimbangan pemerintahan dan merawat sistem demokrasi. 

"Pemerintahan yang sehat memang selalu dibutuhkan oposisi yang kritis tetapi konstruktif ya. Jadi oposisi itu penting untuk menjaga iklim demokrasi yang sehat tetap terjaga," ujar Yenny di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019) malam. 

Kendati begitu, ia meminta oposisi yang hadir nantinya bukan malah menghambat pembangunan bangsa. Hal ini yang pernah terjadi di beberapa negara, dan menurutnya berdampak negatif. 

"Tetapi juga jangan sampai oposisi yang ada itu modelnya seperti di beberapa negara. Intinya, mau menghambat saja. Nah, jadi oposisi penting, tetapi bahwa sebisa mungkin lebih banyak lagi basis dukungan kepada pemerintah di DPR itu akan lebih memudahkan dalam pemerintah untuk membuat kebijakan-kebijakan," tutur dia.

Prabowo Subianto sendiri dijadwalkan bertemu Jokowi pada Juli ini. Pertemuan dibantah bukan untuk membahas calon menteri dan posisi Gerindra di pemerintahan mendatang. Tapi salah satunya untuk 
membahas pendukung Prabowo-Sandi yang ditahan semasa Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Prabowo dan Gerindra sendiri hingga kini belum memutuskan posisi politiknya pada rezim Jokowi-Ma'ruf nanti. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0