Wapres Ma'ruf Nilai Zakat Mampu Atasi Ketimpangan Ekonomi :: Nusantaratv.com

Wapres Ma'ruf Nilai Zakat Mampu Atasi Ketimpangan Ekonomi

Kondisi itu bisa terwujud apabila pengelolaan zakat baik
Wapres Ma'ruf Nilai Zakat Mampu Atasi Ketimpangan Ekonomi
Wapres Ma'ruf Amin

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menilai zakat merupakan salah satu faktor penting guna menghilangkan ketimpangan ekonomi. Pernyataan ini disampaikan Ma'ruf kala membuka World Zakat Forum di Crown Plaza Hotel, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/11/2019).

Baca juga: Wapres Ma'ruf Mau Potensi Zakat Rp 230 T Dioptimalkan

"Saya meyakini, apabila dikelola dengan baik, zakat dapat menjadi variabel penutup terjadinya ketimpangan ekonomi di masyarakat," kata Ma'ruf.

Saat ini, menurutnya potensi zakat yang bisa dikelola diperkirakan sebesar Rp 230 triliun. Dari potensi tersebut, baru 3,5 persen atau senilai Rp 8 triliun yang telah dikelola.

Berdasarkan laporan yang ia terima, dalam lima tahun terakhir pengumpulan zakat nasional tumbuh sekitar 24 persen.

Kendati telah tumbuh, Ma'ruf menilai perlu dilakukan terobosan agar optimalisasi potensi zakat Indonesia lebih baik lagi.

Berbagai upaya perlu terus dilakukan, contohnya dengan meningkatkan kesadaran masyarakat wajib zakat (muzzaki) melalui cara yang lebih baik.

Wujudnya bisa melalui teknologi informasi berbasis digital dalam pengelolaan zakat, sehingga menumbuhkan kepercayaan yang semakin tinggi dari muzakki.

"Saya melihat, selama ini tata kelola pengumpulan, pengelolaan, dan penyaluran zakat yang dilakukan oleh badan amil zakat dan lembaga amil zakat sudah cukup baik. Tapi ke depan apa yang sudah dilakukan sekarang harus dipacu agar lebih baik lagi," tutur Ma'ruf. 

"Tata kelola manajeman yang baik merupakan kunci utama dalam mendorong peningkatan upaya pengumpulan zakat. Perbaikan teta kelola ini bisa melalui penyempurnaan sistem manajemen, peningkatan kapasitas pengelola, serta sistem monitoring dan evaluasi yang baik," imbuhnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0