Waketum Sebut Secara Yuridis PAN Tak Lagi di Prabowo-Sandi :: Nusantaratv.com

Waketum Sebut Secara Yuridis PAN Tak Lagi di Prabowo-Sandi

Waketum PAN Bara Hasibuan sebut partainya sesungguhnya tak lagi di koalisi Prabowo-Sandi
Waketum Sebut Secara Yuridis PAN Tak Lagi di Prabowo-Sandi
Prabowo-Sandi

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menyebut secara de jure atau yuridis, partainya tak lagi di koalisi parpol pendukung calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi). Meski belum ada sikap resmi, menurutnya kemungkinan besar PAN bakal bergabung ke koalisi partai politik (parpol) pendukung pemerintah pasca Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. 

Alasannya, ada sejumlah pertimbangan yang muncul dalam pembicaraan tak resmi di internal PAN, seperti menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia ke depan yakni perihal kemiskinan serta intoleransi.

"Kalau kita memutuskan keterlibatan ke depan untuk menjawab berbagai tantangan Indonesia. Banyak kan tantangannya, ada kemiskinan, intoleransi," kata Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

"PAN memang sebaiknya berada di dalam pemerintahan yang dipimpin oleh Pak Jokowi, ya itu yang akan kami lakukan," imbuhnya. 

Di samping itu, sejak berdiri pada Agustus 1998, kata Bara PAN lebih banyak berada di posisi pendukung pemerintah. Sehingga, berada dalam pemerintahan sudah menjadi pola dan tradisi PAN.

"Secara historis dari organisasi kami berdiri Agustus 1998 sampai sekarang sebagian besar waktu kita ada di pemerintahan. Jadi memang sudah jadi pola dan tradisi dalam PAN buat ada di pemerintahan," tuturnya.

Kendati begitu, sikap resmi PAN terkait koalisi akan ditentukan usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil Pilpres yang diajukan kubu Prabowo-Sandi. Sikap resmi ini ditentukan melalui mekanisme internal, yakni rapat kerja nasional (Rakernas).

"Ya nanti ada (pembahasan secara resmi), kita kan punya mekanisme di Rakernas," tandasnya. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0