Tak Ada Pilihan, Warga Kalimantan Timur Siap Terima Pemindahan Ibukota :: Nusantaratv.com

Tak Ada Pilihan, Warga Kalimantan Timur Siap Terima Pemindahan Ibukota

Presiden Jokowi memilih Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kaltim sebagai lokasi ibukota baru.
Tak Ada Pilihan, Warga Kalimantan Timur Siap Terima Pemindahan Ibukota
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (kanan). (BPMI)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi bakal memindahan ibu kota ke luar pulau jawa. Pemindahan itu dinilai sebagai sesuatu yang sudah sangat mendesak. 

Menurutnya, DKI Jakarta sudah menanggung banyak beban yang teramat berat. Mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) itu, akhirnya memilih Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sebagai lokasi ibukota baru.

Baca: Tandatangani Perpres Mobil Listrik, Presiden Jokowi: Butuh Insentif

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor, mengatakan pemerintah provinsi yang dipimpinnya beserta segenap warga Kaltim siap menerima pemindahan ibu kota negara dari Jakarta.

"Kalau kami semua siap, masyarakat siap, pemerintah daerah siap, dan kita akan melakukan koordinasi dengan dua Wali Kota, Samarinda dan Balikpapan, kemudian Bupati Kutai Kartanegara dan Bupati Penajam Paser Utara. Itu kesiapan kita, tentu tidak ada pilihan lain kecuali harus siap," ujar Isran, awal pekan ini.

Isran meyakini bahwa dampak positif pemindahan ibu kota itu bukan hanya untuk kepentingan Kaltim semata, tapi juga untuk semua provinsi dan wilayah yang ada di Kalimantan, termasuk juga provinsi-provinsi yang ada di wilayah tengah dan timur.

Baca: Profil Kutai Kartanegara dan Kelebihannya

"Kenapa? Karena ini berbatasan langsung dengan Sulawesi bagian barat, jadi Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Ini adalah supplai dari pada bahan baku bangunan seperti batu yang kualitasnya yang sangat bagus," sambungnya.

Ditambahkannya, dampak positif pemindahan ibu kota negara itu akan banyak, bukan hanya persoalan-persoalan yang ada di Kaltim, tapi juga di beberapa wilayah Indonesia tengah ke timur akan mendapatkan dampaknya karena jarak dari wilayah ini berada pada posisi di tengah-tengah negara.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0