Sondang Tampubolon : Program Kartu Pra Kerja Lebih Baik Dievaluasi Ulang :: Nusantaratv.com

Sondang Tampubolon : Program Kartu Pra Kerja Lebih Baik Dievaluasi Ulang

Pemerintah telah meluncurkan program Kartu Pra Kerja awal April 2020, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangannya.
Sondang Tampubolon : Program Kartu Pra Kerja Lebih Baik Dievaluasi Ulang
Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Parta PDI Perjuangan Sondang Tiar Debora Tampubolon. (Foto: Nusantara TV)

Jakarta, Nusantratv.com - Sejak diluncurkan awal April 2020, Kartu Pra Kerja tak berjalan mulus padahal jumlah alokasi anggarannya sangat besar. 

Pemerintah bahkan menaikkan anggaran Kartu Pra Kerja tahun ini sebagai bentuk bantuan terhadap dampak pandemi corona. Jadi, setiap peserta Kartu Pra Kerja akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3,55 juta per orang.

Kendati jumlah anggaran dinaikan, penerapan Kartu Pra Kerja ini justru harus dievaluasi karena masih terdapat sejumlah koreksi dari berbagai pihak.

Terkait hal itu, anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Parta PDI Perjuangan Sondang Tiar Debora Tampubolon meminta program Kartu Pra Kerja ini harus dievaluasi mengingat jumlah alokasi anggarannya yang tak sedikit.

"Ide awal Kartu Pra Kerja ini sebenarnya bagus karena akan menaikan tigkat kompetensi SDM Indonesia yang berakibat menaikan indeks pembangunan manusia. Jadi karena anggarannya sangat besar sekali, jadi kita berharap output dan outcomenya juga besar," ujar Sondang Tiar Debora Tampubolon kepada Nusantaratv.com, Kamis (23/4/2020) 

Sondang menambahkan terkait pelatihan yang ada di dalam Kartu Pra Kerja ini seharusnya tak dilaksanakan mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Dan tidak mungkin saat ini melakukan pelatihan atau up-grade skil dalam situasi pandemi seperti ini." sambungnya.

Sondang juga mengaku kuatir terhadap alokasi anggaran Kartu Pra Kerja dari pemerintah pusat yang tidak tepat sasaran karena jadi bancakan korupsi sejumlah pihak.

"Dalam situasi Covid-19 ini pemerintah harus mengelola anggaran keuangan negara dengan sangat hati-hati. Jangan sampai ini jadi bancakan bersama," imbuh Sondang.

Terakhir Sondang mengingatkan kepada pemerintah untuk bisa menjaga stabilitas ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kalau tidak, pandemi Covid-19 akan berubah menjadi krisis ekonomi" tutup anggota DPR yang membidangi industri, investasi dan persaingan usaha ini.

Untuk diketahui, Kartu Pra Kerja ditujukan bagi penduduk usia kerja yang sedang mencari kerja atau yang sedang tidak mencari namun ingin berganti profesi, buruh, karywan, korban PHK, lulusan SMA atau SMK dengan usia minimal 18 tahun ke atas.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0