Sidang Kabinet Terakhir, Jokowi: Terima Kasih Menteri dan Kepala Lembaga :: Nusantaratv.com

Sidang Kabinet Terakhir, Jokowi: Terima Kasih Menteri dan Kepala Lembaga

Jokowi juga memaparkan capaian pemerintahannya
Sidang Kabinet Terakhir, Jokowi: Terima Kasih Menteri dan Kepala Lembaga
Rapat kabinet Jokowi-Jusuf Kalla

Jakarta, Nusantaratv.com - Sidang kabinet terakhir pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla digelar di Istana Negera, Jakarta, Kamis (3/10/2019) siang. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan rasa terima kasihnya atas apa yang sudah dikerjakan menteri dan jajaran lainnya di kabinet kerja.

Baca juga: Jokowi: Tidak Ada Visi-Misi Menteri, yang Ada Presiden-Wapres

"Pertama saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua menteri, semua kepala lembaga, atas kerja kerasnya selama lima tahun ini dalam membantu saya dan Bapak Jusuf Kalla dalam menjalankan visi dan program-program prioritas kita bersama," ujar Jokowi.

Jokowi kembali mengingatkan bahwa selama lima tahun, yang dikerjakan kabinet kerja bukanlah visi-misi menteri, melainkan visi-misi presiden dan wakil presiden. 

"Agar semuanya kita betul-betul berada dalam satu visi, satu tujuan, dan satu jalur. Dan kita lihat alhamdulillah dalam lima tahun ini banyak yang kita kerjakan," kata dia. 

Jokowi mengakui, karena berbagai keterbatasan, masih banyak pekerjaan rumah yang belum bisa diselesaikan. Meski begitu, ia menilai pondasi bagi arah pembangunan nasional sudah tersusun lima tahun terakhir. 

"Kita juga telah melakukan reformasi di bidang fiskal sehingga APBN kita menjadi semakin sehat dan semakin mandiri," ucapnya.

Pondasi pembangunan yang diletakkan juga tak lagi Jawasentris tapi Indonesiasentris. Reformasi struktural yang dilakukan juga banyak memangkas tumpang tindih aturan.

“Juga reformasi di program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, terutama kepada masyarakat 40 persen terbawah juga telah kita lakukan," jelasnya. 

Jokowi berharap, apa yang sudah dikerjakan bisa disempurnakan pada periode kedua kepemimpinannya. Termasuk pembangunan insfrastruktur.

"Kita fokuskan kepada pembangunan sumber daya manusia secara besar-besaran tanpa meninggalkan pembangunan infrastruktur yang telah kita mulai lima tahun yang lalu," tandasnya mantan Wali Kota Solo.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0