Setnov Tersangka, Ini Pernyataan Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI :: Nusantaratv.com

Setnov Tersangka, Ini Pernyataan Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI

Setelah Ditetapkannya Ketua DPR RI Setya Novanto Oleh Komisi Pemberantasan Korupsi
Setnov Tersangka, Ini Pernyataan Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI
Setnov Tersangka, Ini Pernyataan Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI

Jakarta, Nusantaratv.com - Setelah ditetapkannya ketua DPR RI Setya Novanto oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin petang lalu, banyak pihak dan lembaga yang tentunya menyorot atas penetapan tersebut.

Salah satunya adalah Mahkamah Kehormatan Dewan DPR  RI yang sebelumnya tengah mengkaji secara hukum dan etik terkait kasus yang dialami Setya Novanto. 

"Melanggar hukum sudah pasti melanggat etik, kalau melanggar etik belum tentu melangar hukum", ujar M. Syafi'i sebagai anggota Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI.


M Syafi'i, politisi Partai Gerindra dari dapil Sumatera Utara I ini, lantas menjelaskan mekanisme pemberhentian Novanto dari jabatan Ketua DPR terkait kasus yang menjeratnya ini. Ada beberapa tahapan sampai Novanto benar-benar dicopot sebagai DPR 1.

Asas praduga tak bersalah harus di kedepankan dalam proses hukum yang sedang berjalan ditegaskan anggota DPR RI yang duduk di Komisi III yang membidangi Hukum, Hak Asasi Manusia dan Kepolisia.  dan pernah menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) Revisi Undang - Undang Terorisme.

" Kami mengikuti asas hukum praduga tak bersalah. Dan aparat masih menunggu alat bukti hingga ditetapkannya Novanto sebagai terdakwa. Seperti dengan peraturan yang mengatur tentang md3 pada pasal 244, 'anggota dpr yang bisa diberhentikan yang sudah menjadi terdakwa yang sudah mengikuti sidang di pangadilan'. " tutup politisi yang pernah menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) Revisi Undang - Undang Terorisme.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0