RUU Pesantren yang Didorong Jokowi Sejak Lama Akhirnya Disahkan DPR Jadi UU :: Nusantaratv.com

RUU Pesantren yang Didorong Jokowi Sejak Lama Akhirnya Disahkan DPR Jadi UU

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Pesantren menjadi Undang-undang.
RUU Pesantren yang Didorong Jokowi Sejak Lama Akhirnya Disahkan DPR Jadi UU
Jokowi bersama sejumlah santri

Jakarta, Nusantaratv.com - Pengesahan RUU Pesantren jadi UU berlangsung dalam rapat paripurna DPR. Rapat dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Selasa (23/9/2019).

Ketua Komisi VIII Ali Taher mengatakan pihaknya sudah bekerja keras untuk membuat Undang-undang ini. Serta sudah mendengarkan masukan dari semua organisasi masyarakat terkait RUU Pesantren.

"Seluruh aspirasi telah kami tampung dan dimasukkan usul undang-undang. Terakhir aspirasi Muhammadiyah telah ditampung," ujar Ali mengutip liputan6.com.

Setelah resmi disahkan, beberapa santri yang turut hadir dalam rapat paripurna merasa bersyukur. Mereka pun melantunkan salawat setelah Fahri Hamzah mengetuk palu untuk mengesahkan RUU Pesantren.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo ingin segera menyalurkan anggaran untuk pengembangan pondok pesantren di seluruh Tanah Air.

Namun, kebijakan pemerintah ini tidak dapat direalisasikan lantaran belum disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama. Ia pun mendorong agar Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera mengesahkan RUU tersebut.

"Pemerintah terus mendorong agar ini bisa diselesaikan karena itu adalah payung hukum besar dalam jangka panjang kita, kita ingin memberdayakan, mengembangkan pondok-pondok pesantren yang ada di Tanah Air," ujar Jokowi setahun silam.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0