Rencana Pengesahan RUU KUHP & Demo Mahasiswa Terjadi Tepat Pada Peristiwa Tragedi Semanggi ll :: Nusantaratv.com

Rencana Pengesahan RUU KUHP & Demo Mahasiswa Terjadi Tepat Pada Peristiwa Tragedi Semanggi ll

DPR rencananya mensahkan RUU KUHP, Selasa (24/9/2019) tapi kabarnya urung.
Rencana Pengesahan RUU KUHP & Demo Mahasiswa Terjadi Tepat Pada Peristiwa Tragedi Semanggi ll
Demo mahasiswa di depan gedung DPR RI

Jakarta, Nusantaratv.com - Entah sengaja atau tidak, rencana DPR RI mensahkan RUU KUHP yang dibarengi dengan aksi demo mahasiswa, terjadi tepat pada peristiwa tragedi Semanggi ll.

Apakah ini semacam seremonial dalam rangka memperingati peristiwa tragedi Semanggi ll yang jatuh pada tanggal 24 September?

Yang jelas revisi RUU KUHP yang diusulkan DPR RI bersama pemerintah telah menuai polemik di tengah masyarakat.

Alhasil mahasiswa yang menolak revisi tersebut turun ke gedung DPR RI menggelar demonstrasi yang berakhir anarkis.

Seperti diketahui, tragedi Semanggi II terjadi pada 24 September 1999 yang menyebabkan tewasnya seorang mahasiswa dan 11 orang lainnya di seluruh Jakarta serta menyebabkan 217 korban luka-luka.

Pada tanggal 24 September 1999, untuk yang kesekian kalinya tentara melakukan tindak kekerasan kepada aksi-aksi mahasiswa.

Kala itu, adanya pendesakan oleh pemerintahan transisi untuk mengeluarkan Undang-Undang Penanggulangan Keadaan Bahaya (UU PKB) yang materinya menurut banyak kalangan sangat memberikan keleluasaan kepada militer untuk melakukan keadaan negara sesuai kepentingan militer.

Oleh karena itulah mahasiswa bergerak dalam jumlah besar untuk bersama-sama menentang diberlakukannya UU PKB. Mahasiswa dari Universitas Indonesia, Yun Hap meninggal dengan luka tembak di depan Universitas Atma Jaya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0