Puan Sebut Gibran Masih Berpeluang Maju Pilwalkot Solo Lewat PDIP

Peluang Gibran sama dengan bakal calon lainnya
Puan Sebut Gibran Masih Berpeluang Maju Pilwalkot Solo Lewat PDIP
Gibran saat berkunjung ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menegaskan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, masih memiliki kesempatan menjadi calon wali kota Solo dari PDIP. Kesempatan ini sama dengan calon-calon lainnya. 

Baca juga: Ketemu Megawati, Gibran Bahas Tekadnya Maju Pilwalkot Solo

"Ya iya dong (Gibran masih punya kesempatan). Semuanya dari mana saja dari siapa saja mekanismenya seperti itu. Pertama, mendaftar dulu, kemudian masuk fit and proper dan lain-lain, kemudian baru diputuskan," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Mekanisme yang dimaksud ialah, mereka yang hendak mencalonkan diri dalam pilwakot mengikuti mekanisme berjenjang di lingkup internal PDIP. Usai di DPC, PDIP masih memperbolehkan bakal calon yang ingin maju pilkada mendaftar melalui DPD dan DPP partai.

"Jadi jenjang itu sebenarnya masih bisa dilakukan. Dan mekanisme itu bisa saja dilakukan. Jadi memang selama belum ada keputusan kita membuka lebar pintu pendaftaran bagi siapa aja yang berminat untuk maju pilkada atau menjadi calon yang akan ikut pilkada melalui jenjang kepartaian tersebut," papar Puan.

Terkait kemungkinan perpecahan di DPC PDIP Solo jika Gibran yang dipilih DPP, padahal DPC sudah memiliki calon, Puan mengaku tak mau berspekulasi. Sebab menurutnya masih banyak waktu menuju sebelum pilkada. 

"Ini kan pilkadanya juga masih tahun 2020, masih lama. Masih lama, masih lama, masih 2020," tandas Ketua DPR RI. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0