Puan Belum Pastikan RUU Omnibus Law Selesai 3 Bulan

Sebab surat presiden belum ia terima sejauh ini
Puan Belum Pastikan RUU Omnibus Law Selesai 3 Bulan
Ketua DPR Puan Maharani (tengah). Elvan J. Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani belum bisa memastikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law usulan pemerintah, bisa selesai dalam waktu tiga bulan.

Baca juga: Indonesia Diatur 42 Ribu Regulasi, Jokowi: Ditinggal Kita oleh Negara Lain 

"Iya belum bisa dipastikan, karena saya nerima surpresnya (surat presiden) saja belum," ujar Puan usai rapat konsultasi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, pimpinan Komisi VII, Komisi XI, pimpinan BURT dan pimpinan Banggar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Menurut Puan, pemerintah harus mengirim surat presiden (surpres) terlebih dahulu perihal RUU Omnibus Law. Ia memperkirakan surpres bakal dikirim pemerintah pada Januari 2020.

"Artinya kalau kita DPR tidak mengetahui secara terperinci sebelum surpres itu masuk, tentu saja ini kita tidak bisa mengira-ngira, apakah ini sebulan, dua bulan, tiga bulan dan lain-lain, karena mengamandemen UU, walaupun pasalnya hanya sedikit tentu saja perlu kerja dan mekanisme harus kita lakukan," tuturnya.

Puan mengungkapkan, pada rapat konsultasi diketahui ada sekitar 82 undang-undang dan 1194 pasal yang bakal disinkronisasi melalui RUU Omnibus Law.

"Jadi kita tunggu nanti bulan Januari terkait dengan UU perpajakan dan UU cipta lapangan kerja yang akan di Omnibus Law ini akan seperti apa," jelas dia. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah melobi Ketua DPR agar pembahasan rancangan aturan omnibus law bisa selesai dalam tiga bulan.

Hal itu diungkapkan Jokowi di Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Menurut Jokowi, jika disetujui DPR omnibus law ini bakal merevisi 82 UU yang menghambat investasi. 

Sehingga, Jokowi meminta Puan yang juga hadir dalam acara itu untuk memperjuangkan UU Omnibus Law. 

"Bu Puan, ini 82 UU, mohon segera diselesaikan. Saya bisik-bisik, 'Kalau bisa, Bu, jangan sampai lebih dari tiga bulan',” tandas mantan Wali Kota Solo.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0