Pilkada Bantul, PDIP Minta Saran Sultan, Tokoh NU dan Muhammadiyah :: Nusantaratv.com

Pilkada Bantul, PDIP Minta Saran Sultan, Tokoh NU dan Muhammadiyah

PDIP bakal mengutamakan kader sendiri di pilkada serentak 2020
Pilkada Bantul, PDIP Minta Saran Sultan, Tokoh NU dan Muhammadiyah
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Elvan J. Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan berkonsultasi dengan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubowo X, tokoh NU dan Muhammadiyah, sebelum menentukan calon di Pilkada Bantul, Yogyakarta. Partai juga akan mengutamakan kader sendiri untuk diusung pilkada pada 2020 itu. 

Baca juga: Gerindra Mau Pasangkan dengan Cucu Soekarno di Pilwalkot, Gibran: Nanti Dulu 

"Kami mendengarkan masukan dari Sri Sultan Hamengkubuwono X, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh NU, tokoh-tokoh Muhammadiyah, kami dengarkan masukannya dengan baik, termasuk aspirasi dari kader partai," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sela Rapat Kerja Daerah DPC PDIP Bantul, Yogyakarta, Minggu (24/11/2019).

Hasto menyatakan, PDIP memiliki kebijakan terbuka dalam menentukan calon-calon kepala daerah yang diusung di pilkada.
 
"Namun partai juga punya kebijakan memprioritaskan kader sendiri," imbuhnya.

PDIP paham jika pilkada adalah pemilu rakyat, artinya rakyat yang berdaulat menentukan. Sehingga, kata Hasto PDIP akan mendengarkan aspirasi rakyat.

Apabila elektabilitas kader rendah lantaran dianggap belum mampu membawa perubahan, maka partai akan mencari yang terbaik. Calon dari eksternal bisa saja dipertimbangkan. Tapi harus dipastikan akar nasionalisnya, komitmen dengan Pancasila serta Bhinneka Tunggal Ika, dan wajib ikut sekolah partai.

"Mari kita lihat dan dengarkan suara rakyat untuk menemukan calon pemimpin yang dibutuhkan oleh masyarakat di Bantul. Kalau langkah dan hati kita menyatu dengan rakyat, maka kita akan menemukan calon pemimpin yang akan dipilih rakyat," papar dia.

Berdasarkan laporan DPD PDIP Yogyakarta, sejauh ini nama-nama kandidat Pilkada Bantul telah mengerucut. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0