Pernah Ke Papua Beberapa Kali, Ini Momen Kedekatan Jokowi Dengan Rakyat Papua :: Nusantaratv.com

Pernah Ke Papua Beberapa Kali, Ini Momen Kedekatan Jokowi Dengan Rakyat Papua

Saat ini kondisi sejumlah wilayah di Papua kurang kondusif menyusul terjadi sejumlah kerusuhan.
Pernah Ke Papua Beberapa Kali, Ini Momen Kedekatan Jokowi Dengan Rakyat Papua
Presiden Jokowi memiliki kedekatan khusus dengan masyarakat Papua

Jakarta, Nusantaratv.com - Terjadinya kerusuhan di sejumlah wilayah di Provinsi Papua saat ini, membuat Presiden Joko Widodo meminta masyarakat Papua untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan anarkistis.

"Jadi saya terus mengikuti dan juga saya sudah mendapat laporan situasi terkini di Papua pada khususnya di Jayapura dan saya juga minta masyarakat tenang tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkis," kata Jokowi di Mojokerto, sebagaimana disiarkan langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/8/2019).

Jokowi mengingatkan semuanya akan rugi apabila ada fasilitas umum, fasilitas publik, serta fasilitas masyarakat yang sudah dibangun bersama menjadi rusak.

Kepala Negara memastikan, akan ada tindakan bagi mereka yang melakukan pelanggaran hukum.

BACA JUGA: Jalan Panjang Jokowi-Ma’ruf Amin Terpilih Jadi Presiden dan Wapres

Terkait Papua yang kurang kondusif, Jokowi sendiri pernah beberapa kali berkunjung ke provinsi ini.

Berikut momen-momen kedekatan Presiden serta ibu Iriana Joko Widodo dengan masyarakat saat bertandang ke Papua.

1. Menggendong anak Papua

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi datang ke Merauke, Papua untuk meresmikan Monumen Kapsul Waktu pada Jumat (16/11/2018).

Momen peresmian tersebut dibagikan oleh Jokowi di akun Instagram pribadinya @jokowi.

Dalam beberapa momen yang dibagikan, terlihat foto Iriana menggendong seorang anak di Papua.

"Bersama anak-anak Merauke yang membawa kapsul waktu untuk ditanam dalam cangkang di puncak Monumen Kapsul Waktu di Merauke. Di dalam kapsul itu tersimpan rapat impian anak muda Indonesia yang baru dibuka hampir 70 tahun mendatang," tulis Jokowi dalam unggahannya.

BACA JUGA: Gebrakan Jokowi di Periode Kedua '10 Jakarta Baru Akan Dibangun'

2. Menari bersama masyarakat Asmat

Iriana Jokowi tak malu-malu ikut bergoyang saat masyarakat Asmat, Papua, menyambut kehadirannya bersama Jokowi dengan tarian. Iriana langsung asyik lincah bergoyang ketika beberapa anak dan orang dewasa Asmat menari diiringi lagu khas setempat.

Tangan dan kaki Iriana Jokowi tampak begitu luwes bergerak mengikuti gerakan dan irama lagu seperti terlihat dalam video di akun berbagi video Kementerian Sekretariat Negara ditulis Jumat, (13/4/2018).

Pakaian yang dikenakan Iriana, yakni blus putih dan celana panjang hitam longgar dengan sepatu kets warna hitam bersol putih, amat mendukungnya menari bersama masyarakat Asmat.

Jokowi yang ada di sampingnya juga ikut bergoyang. Namun, hanya tangan presiden ketujuh Indonesia itu saja yang terlihat bergerak.

3. Jokowi Boncengan Motor Bareng Iriana Pas Blusukan di Agats, Papua

Saat blusukan ke berbagai wilayah Agats, Papua, Presiden Jokowi berboncengan sepeda motor bareng Ibu Negara, Iriana, Kamis 12 April 2018. Tak tampak pengawalan yang terlalu ketat.

Jokowi santai saja berboncengan dengan Iriana sepeda motor merah berplat RI 1 . Jokowi nekat boncengan motor berdua bareng Iriana meski hujan rintik-rintik belum reda.

4. Keluar mobil Kepresidenan untuk menyapa masyarakat 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggelar kunjungan ke Papua tiba di Bandara Sentani, Jayapura pada Senin (1/4/2019). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi ddidampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Jokowi akan menemui para korban banjir di Posko Pengungsian di GOR Towere, Kawasan Sentani, Kabupaten Jayapura.

Selama perjalanan menuju pokso pengungsian, Jokowi disambut warga yang menyemut di pinggir jalan, tak jauh dari lokasi Bandara Sentani. Tak lama kemudian, Jokowi memberhentikan laju mobilnya.

Jokowi kemudian keluar untuk menyapa masyarakat Papua yang telah menunggunya. Warga Papua meneriakkan memanggil nama Jokowi.

5. Naik Motor Trail Tinjau Pembangunan Jalan Trans Papua

Presiden Joko Widodo menjajal ruas jalan Papua dengan menggunakan motor trail saat berkunjung ke provinsi paling timur di Indonesia itu pada Rabu (10/5/2017).

Jokowi ingin mengetahui dan melihat langsung kesulitan yang dialami selama membangun jalan yang kini telah mencapai tujuh kilometer tersebut.

"Kalau naik trail kelihatan jelas kesulitannya. Itu baru naik, coba bayangkan yang membangun. Kami ini kan mencoba melihat di lapangan," kata Jokowi di Wamena. 

Bersama rombongan, Jokowi menyusuri salah satu ruas jalan sekitar 4.300 kilometer. Hingga kini, TNI telah membuka jalan sepanjang 3.800 kilometer. Presiden menginstruksikan, jalan Trans Papua sudah dapat terbuka semua dan dapat dilalui pada 2019. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0