Pengamat : MK Bukan Mahkamah Kalkulator :: Nusantaratv.com

Pengamat : MK Bukan Mahkamah Kalkulator

Ketua Umum KoDe Veri Junaidi menyebut, bahwa MK bukanlah Mahkamah Kalkulator. Hal tersebut merespon tudingan Bambang Widjojanto yang meminta agar MK tidak hanya menangani sengketa soal angka-angka saja.
Pengamat : MK Bukan Mahkamah Kalkulator
Diskusi Formappi

Jakarta, Nusantaratv.com Ketua Umum Konstitusi dan Demokrasi (KoDe) Inisiatif, Veri Junaidi mengatakan Mahkamah Konstitusi (MK) bukanlah mahkamah Kalkulator. 

Hal tersebut terkait dengan pernyataan Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto yang meminta MK tidak menjadi Mahakamah Kalkulator yang hanya menangani sengketa soal angka-angka. 

"MK bukan Mahkamah Kalkulator" ujarnya dalam acara Diskusi yang digelar Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Namun demikian kata Veri, jika dilihat dari kasus yang pernah di proses di MK tidak melulu terkait perhitungan suara, seperti contohnya pada  Pilkada Jatim. 

"Kalau melihat beberapa kasus yang muncul seperti pilkada Jatim sehingga MK masuk kedalam proses penyelenggaraan pemilu," jelasnya. 

Disisi lain, ia menilai bahwa surat permohonan yang diajukan  BPN kurang lengkap.

"Tidak bisa didalam pemohon MK hanya teoritik saja tetapi proses pembuktian itu menjadi penting. 02 dilihat dari bukti yang ada tidak terlihat bisa membuktikan adanya pelanggaran sistematis dan terstruktur," paparnya. 

Veri menambahkan, ia menyerahkan sepenuhnya kepada MK terkait hasil sengketa pilpres 2019 kemarin. 

"Kita tentu menyerahkan seluruh hasil perselisihan ini ke MK, kami yakin para ahli hukum tata negara (MK) dari pilkada ke pileg tidak perlu diragukan lagi bagaimana mereka akan memutus perkara ini dan MK pada 2017 membuktikan MK bukan Mahkamah Kalkulator," tutupnya.

Reporter : Amelinda 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0