PDIP: Kursinya Sepertiga Minta 10 Menteri, Kita Berapa? :: Nusantaratv.com

PDIP: Kursinya Sepertiga Minta 10 Menteri, Kita Berapa?

PDIP takkan ikuti langkah sejumlah partai yang meminta jatah kursi menteri berlebihan
PDIP: Kursinya Sepertiga Minta 10 Menteri, Kita Berapa?
Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno (Purnamanews)

Jakarta, Nusantaratv.com -Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menyindir partai politik (parpol) pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin yang meminta jatah kursi menteri tak proporsional. Menurutnya sikap tersebut berlebihan, apalagi PDIP sebagai pemenang pemilu tak bersikap demikian. 

"Ada asas kepatutan, lihat saja kalau yang lain kursinya sepertiga kita, terus minta 10, terus kita minta berapa," ujar Hendrawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Kendati begitu, ia menduga permintaan jumlah kursi dari para ketua umum parpol itu hanya manuver dan pemberian isyarat saja. Sebab terkait jumlah dan nama menteri tetap menjadi kewenangan presiden.

"Sebagai partai terbesar kami juga harus memberikan tuntunan, memberikan teladan ya, tidak klaim-klaim seperti itu," tutur Hendrawan. 

Menurut Hendrawan, memilih dan menetapkan menteri tak mudah. Perlu dipikirkan secara matang mulai dari struktur kabinet hingga prioritas program lima tahun ke depan.

"Pengisian kabinet dan seterusnya tidak gampang ya, ini tidak semudah membuat panitia syukuran," tandasnya.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berharap diberi 10 kursi menteri oleh Jokowi di pemerintahan selanjutnya. Hal serupa juga dilakukan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang meminta kursi menteri lebih banyak yakni 11. Alasannya, partai tersebut perolehan suaranya di Pemilu 2019 lebih banyak ketimbang PKB. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0