Papua Kondusif, Polri Intensifkan Komunikasi dengan Tokoh Masyarakat :: Nusantaratv.com

Papua Kondusif, Polri Intensifkan Komunikasi dengan Tokoh Masyarakat

Situasi di Jayapura sudah bisa dikendalikan aparat TNI-Polri dan beberapa properti yang rusak sedang didata.
Papua Kondusif, Polri Intensifkan Komunikasi dengan Tokoh Masyarakat
Polri sebut kondisi Papua berangsur kondusif. (Medcom)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan kondisi Papua pasca demo rusuh berangsur kondusif.

Aparat juga terus mengintensifkan komunikasi dengan para tokoh masyarakat guna meredam ketegangan. "Situasi di Jayapura sudah bisa dikendalikan aparat TNI-Polri dan beberapa properti yang rusak sedang didata," ujar Dedi, dilansir dari laman NTMC Polri, Jumat (30/8/2019).

Baca: Papua Bergolak, Presiden Jokowi Secepatnya Temui Tokoh Papua

Disebutkan Dedi, komunikasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama dilakukan guna mencegah munculnya provokasi. Komunikasi juga dilakukan dengan masyarakat di dua wilayah permukiman.

"Ini masih komunikasi terus dengan tokoh masyarakat baik dari pegunungan maupun dari pantai karena kita dapat info ada kontradiksi antara kedua kelompok tersebut," sambungnya.

Menurutnya, terjadi salah paham antara dua kelompok masyarakat di kedua wilayah. Untuk itu, lanjut Dedi, aparat ingin mencegah salah paham meluas.

"Yang satu hendaki damai, yang garis pantai, yang di gunung hanya sebagian kecil saja provokasi masyarakat untuk lakukan tindakan-tindakan anarki. Itu sedang dikomunikasikan tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat," imbuhnya.

Baca: Kepala BSSN Imbau Warga Papua Jangan Mudah Percaya Hoaks

Kerusuhan terjadi saat demo di sejumlah titik di Jayapura, Papua, pada Kamis (29/8/2019). Demonstrasi di Jayapura menuntut proses hukum terhadap pelaku rasisme di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

"Massa saat (aksi) damai berbaur, tapi provokasi diduga dan ini masih didalami, ini (diduga) orang-orang gunung," tegas Dedi.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0