Moeldoko Bakal Punya Pendamping Baru :: Nusantaratv.com

Moeldoko Bakal Punya Pendamping Baru

Presiden Jokowi menandatangani keputusan adanya Wakil KSP
Moeldoko Bakal Punya Pendamping Baru
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah). (Detik.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko akan memiliki pendamping. Hal ini terjadi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 83 Tahun 2019 tentang Kantor Staf Presiden (KSP). Dalam Perpres, muncul pos baru yaitu Wakil KSP.

Baca juga: Istana Bantah Jokowi Tonjolkan 'Geng Solo' Dalam Pemilihan Pejabat Polri

Di Pasal 4 Perpres Nomor 83 Tahun 2019, dinyatakan susunan KSP antara lain:

1. Kepala Staf Kepresidenan
2. Wakil Kepala Staf Kepresidenan
3. Deputi
4. Tenaga Profesional

Kepala Staf Kepresidenan dan Wakil Kepala Staf Kepresidenan adalah satu kesatuan unsur pemimpin Kantor Staf Presiden.

"Wakil Kepala Staf Kepresidenan mempunyai tugas membantu Kepala Staf Kepresidenan dalam memimpin pelaksanaan tugas Kantor Staf Presiden," bunyi Pasal 6 ayat 2.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Kepala Staf Kepresidenan bisa membentuk tim khusus dan gugus tugas lintas kementerian dan/atau lembaga terkait untuk penanganan masalah tertentu. Kantor Staf Presiden bisa menggunakan jasa konsultan dari luar pemerintahan sepanjang diperlukan dan tidak merugikan kepentingan negara, serta dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Wakil Kepala Staf Kepresidenan diangkat dan diberhentikan oleh Presiden," demikian bunyi Pasal 16 ayat 2.

Wakil KSP memiliki sejumlah hak. "Wakil Kepala Staf Kepresidenan diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya setingkat dengan Wakil Menteri," demikian bunyi Pasal 24.

KSP juga bisa mengangkat paling banyak lima orang staf khusus yang bertanggungjawab kepada Kepala Staf Kepresidenan. Staf khusus diangkat dan diberhentikan oleh KSP.

"Hak keuangan dan fasilitas lainnya bagi Staf Khusus diberikan setingkat dengan Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau jabatan struktural eselon I.b," demikian bunyi Pasal 33.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0