Mega Ingin Ibu Kota Baru Tak Jadi Kota Bisnis :: Nusantaratv.com

Mega Ingin Ibu Kota Baru Tak Jadi Kota Bisnis

Megawati usul sejumlah hal ke Jokowi terkait pemindahan ibu kota
Mega Ingin Ibu Kota Baru Tak Jadi Kota Bisnis
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (Elvan J Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri turut mengomentari perpindahan ibu kota negara ke sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Mega, sapaan akrabnya, meminta Presiden Jokowi merencanakan secara matang pengambilan keputusan tersebut. Jokowi juga diharapkan mempertimbangkan aspek kesinambungan pembangunan jangka panjang.

"Pemerintah kalau sudah memutuskan sesuatu, harus komitmen. Tolong dilihat dengan baik untuk jangka panjang," ujar Megawati dalam keterangan tertulis, Rabu (28/8/2019).

Menurut Mega, pemerintah harus benar-benar merancang konsep tata ruang ibu kota baru dengan seksama, agar kesemrawutan seperti di Jakarta tidak terulang kembali. Ibu Kota juga tak boleh didorong menjadi pusat ekonomi atau tidak dicampuradukkan dengan kota pemerintahan, kota bisnis, kota manufaktur, dan lainnya. "Nanti sama saja dengan Jakarta, jadi kota megapolitan," ucap Mega.

Pembangunan ibu kota baru, pun harus memperhatikan analisis mengenai dampak dan lingkungan (amdal). Apalagi, Kalimantan Timur terkenal kaya dengan tambang dan mineral.

"Kalau mau go green, ya komitmen. Mau konsekuen atau tidak? Kan itu," tandas Ketua Umum PDIP.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0