Mahfud MD, Warga Sipil Pertama yang Jabat Menkopolhukam :: Nusantaratv.com

Mahfud MD, Warga Sipil Pertama yang Jabat Menkopolhukam

Mahfud Md resmi menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI. Terpilihnya Mahfud menjadi Menkopolhukam diumumkan langsung Presiden Joko Widodo di Istana negara pada Rabu (23/10/19).
Mahfud MD, Warga Sipil Pertama yang Jabat Menkopolhukam
Mahfud MD, Menkopolhukam (kompas)

Jakarta, Nusantaratv.com - Mahfud MD resmi menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI. Terpilihnya Mahfud menjadi Menkopolhukam diumumkan langsung Presiden Joko Widodo di Istana negara pada Rabu (23/10/19). Dan ternyata, Mahfud adalah warga sipil pertama yang menjabat sebagai Menkopolhukam sepanjang sejarah republik Indonesia.

Hal itu diketahui dari pengakuan Mahfud saat diwawancarai salah satu stasiun televisi nasional pada Rabu (23/10/19) malam.

Dalam pernyataannya,  Mahfud mengatakan bahwa pertama kali ia mengetahui jika ia merupakan Menkopolhukam pertama yang berlatar belakang warga sipil adalah dari Mantan Ketua BIN Hendropriyono.

"Saya kaget saat Hendropriyono WhatsApp ke saya memberi ucapan selamat lalu disertakan bahwa saya adalah Menkopolhukam pertama dari warga sipil. Dan baru sadar latarbelakang sipil menjadi perhatian. Sesudah saya baca sejarah Menkopolhukam saya baru sadar, "ujar Mahfud.

Katanya, walaupun berasal dari Sipil, namun tugas yang diberikan presiden Jokowi kepadanya tak berbeda dengan pendahulunya yang berlatarbelakang Militer.

"Tidak ada bedanya ,untuk urusan dan tugas yang diberikan oleh presiden. Sama saja, "terangnya.

Ada tiga point penting kata Mahfud mengenai tugas- tugas yang diberikan oleh presiden kepadanya. Yakni Hukum, HAM, dan Deradikalisasi.

"Tugas-tugas yang diberikan presiden kepada saya, antara lain adalah mengenai hukum. Tumpang tindih hukum. Kemudian penyelesaian HAM. Dan Deradikalisasi, karena banyak ancaman terhadap ideologi, "paparnya.

Ditanya soal pendekatan dan bagaimana kerjasamanya dengan kementerian lain dalam menjalankan program kerjanya, Mahfud yang akan membawahi 10 kementrian dan 5 lembaga nondepartemen itu pun mengatakan akan bekerja semaksimal mungkin dengan kementerian lain dibawah komandonya.

"Supaya diingat, saya ini koordinator bukan eksekutor.  Saya beri stimulasi kepada para menteri. Yang terlalu cepat saya rem yang terlalu lambat saya dorong. Kita pemerintahan Yang tidak boleh maju hanya satu sektor saja. Tapi semuanya, "tandasnya.(Cal)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0