Mahfud MD: Rekonsiliasi Tak Harus ke Pemerintah :: Nusantaratv.com

Mahfud MD: Rekonsiliasi Tak Harus ke Pemerintah

Mahfud MD menilai rekonsiliasi usai Pilpres tak harus bergabung di pemerintahan
Mahfud MD: Rekonsiliasi Tak Harus ke Pemerintah
Prabowo dan Jokowi berpelukan

Jakarta, Nusantaratv.com -Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan rekonsiliasi pasca Pemilu 2019 tak harus dengan mengajak lawan politik bergabung ke dalam pemerintahan. Rekonsiliasi, kata dia, bisa dilakukan dengan tidak mempertentangkan hasil Pemilu yang sudah diputus oleh MK. Sehingga, partai politik yang berada di kubu yang kalah bisa memantapkan diri menjadi oposisi.

"Yang namanya rekonsiliasi itu tidak harus bersatu, tidak harus ke pemerintahan. Bisa rekonsiliasi, ayo sekarang berhenti bertentangan politik tentang Pilpres. Kita rekonsiliasi ke konstitusi. Saya akan jadi oposisi, Anda yang memerintah. Itu bisa," ujar Mahfud di Malang, Minggu (30/6/2019).

Kendati begitu, ia mengatakan rekonsiliasi juga bisa ditempuh dengan bergabungnya partai oposisi menjadi partai koalisi pemerintah.

"Bisa juga rekonsiliasi, saya akan bergabung denganmu. Bisa. Itu terserah mereka," ucapnya.

Menurut Mahfud, rekonsiliasi akan terjadi ketika pihak oposisi dan koalisi pemerintah beralih dari memperdebatkan hasil Pemilu pada perdebatan kebijakan. Karenanya ia memandang idealnya parpol yang berada di pihak yang kalah memantapkan pilihan menjadi oposisi. Hal ini demi menjaga keberimbangan berjalannya pemerintahan ke depan. Mahfud mengatakan, tak ideal ketika posisi oposisi sangat lemah di parlemen.

"Saya berharap ada sedikit keberimbangan. Jangan semua partai ikut bergabung ke situ," tandasnya. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0