Mahasiswa Diimbau Buat Forum Dialog Ketimbang Demo :: Nusantaratv.com

Mahasiswa Diimbau Buat Forum Dialog Ketimbang Demo

Dengan diskusi, Sondang yakin aspirasi mahasiswa lebih didengar
Mahasiswa Diimbau Buat Forum Dialog Ketimbang Demo
Sondang Tiar Debora Tampubolon (kiri). (Elvan J Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Mahasiswa disarankan membuat forum-forum dialog dibanding turun ke jalan. Sebab dengan begitu, tuntutan mereka dinilai lebih tersampaikan. Pernyataan ini menanggapi unjuk rasa besar-besaran mahasiswa yang memprotes pengesahan UU KPK, RKUHP, RUU Permasyarakatan dan lainnya, oleh DPR RI dan pemerintah.

"Kenapa enggak mahasiswa bikin FGD mengundang pemerintah, DPR yang buat UU, akademisi dan media?" ujar anggota DPR RI periode 2019-2024, Sondang Tiar Debora Tampubolon, Jakarta, Senin (24/9/2019).

Melalui forum diskusi, kata Sondang gagasan mahasiswa jadi lebih jelas tersampaikan dan lebih didengar langsung pihak berwenang. Potensi gerakan mahasiswa ditunggangi pihak-pihak yang tak bertanggungjawab pun, bisa diminimalisir.

Terdekat, selaku alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), ia mengajak mahasiswa di kampus itu menyampaikan ide, kritik dan solusi melalui cara yang dipandang lebih elegan tersebut.

"Di sana menyatakan pernyataan dan gagasan-gagasan apa yang mereka inginkan dan dasar-dasarnya apa.Saya pikir akan lebih keren dibanding melakukan people power (turun ke jalan) seperti itu," jelasnya.

Jika terlanjur menggelar demonstrasi, Sondang meminta aksi menyuarakan aspirasi tak diakhiri dengan tindakan anarkis. Sebab jika demikian, perbuat tersebut justru merugikan mahasiswa sendiri.

"Jika aksi berakhir rusuh, menurut saya sangat tidak intelek. Apakah kebebasan mengekspresikan beropini seperti itu yang diharapkan?" tandas Sondang.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0