Komisi V DPR Cecar Mendes PDTT Soal Dana Desa :: Nusantaratv.com

Komisi V DPR Cecar Mendes PDTT Soal Dana Desa

Kemendes PDTT diminta fokus pada kebijakan jangan hanya anggaran
Komisi V DPR Cecar Mendes PDTT Soal Dana Desa
Rapat kerja Komisi V DPR RI

Jakarta, Nusantaratv.com - Komisi V DPR RI menggelar rapat kerja dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, Selasa (19/11/2019). Rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae ini, merupakan rapat kerja pertama kali antara Komisi V dengan Kementerian Desa dan PDTT. 

Baca juga: KPK Ternyata Sudah Tangani Kasus 'Desa Hantu' 

Dalam kesempatan itu, sejumlah anggota Komisi V menanyakan beberapa hal, salah satunya mengenai dugaan penyimpangan Dana Desa melalui 'desa hantu' atau desa fiktif. 

"Saya sedikit terganggu dengan berita baru-baru ini, adanya desa fiktif atau desa siluman yang disampaikan Menkeu. Kemendes jangan hanya fokus anggaran, tapi fokus kepada kebijakan juga," ujar anggota Komisi V DPR RI Fraksi Demokrat, Irwan. 

"Soal Dana Desa saya yakin ini enggak ada desa siluman. Desa-desaan saja yang dibuat siluman, cuma ada 50 KK, ya gimana ini Pak Menteri," imbuhnya. 

Pertanyaan serupa juga dilontarkan anggota Komisi V DPR Eddy Santana. Menurut dia, kehadiran program Dana Desa hingga kini belum optimal untuk membangun desa. 

"APBN itu Dana Desa juga harus dilakukan untuk membangun desa. Ini jangan lagi terjadi hal-hal seperti itu, Dana Desa harus mampu bangun desa," jelasnya. 

Diketahui, mengacu data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), realisasi Dana Desa periode Januari-Oktober 2019 mencapai Rp 52 triliun. Jumlah ini tumbuh 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Realisasi ini baru mencapai 74,2 persen dari pagu sebesar Rp 70 triliun. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0