Kerap Telepon Menteri Tengah Malam, Jokowi Minta Maaf :: Nusantaratv.com

Kerap Telepon Menteri Tengah Malam, Jokowi Minta Maaf

Jokowi juga mengaku sering melompati birokrasi
Kerap Telepon Menteri Tengah Malam, Jokowi Minta Maaf
Jajaran kabinet Jokowi-Jusuf Kalla berfoto bersama

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sering menelepon jajarannya tengah malam. Mereka para menteri, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hingga Kepala BIN Budi Gunawan. 

Baca juga: Susunan Kabinet Jokowi, Erick Thohir: Saya Harap yang Berkeringat Kemarin

"Saya juga mohon maaf sering Bapak-Ibu semua saya ganggu tengah malam, enggak sekali-dua kali ke Pak Tito, ke Panglima TNI, Kepala BIN, menteri. Bu Menkeu tengah malam pernah saya telepon. Bu Retno pernah tengah malam saya telepon. Pak Basuki juga sama," kata Jokowi saat silaturahmi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan kabinet, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).

Menurut Jokowi, telepon tengah malam itu harus dilakukan karena persoalan bangsa dan negara yang tak bisa menunggu. Terlebih, memimpin negara merupakan kerja kolektif. 

"Ya itulah gangguan-gangguan yang sering saya lakukan karena negara ini memerlukan. Kerja kita semuanya," jelasnya.

Jokowi juga menyampaikan permohonan maafnya lantaran sering kali melompati birokrasi. Upaya tersebut, kata dia, semata adanya keperluan yang mendesak. 

"Terakhir kemarin saya terpaksa harus melompat perintah langsung ke Danko Marinir, ke KSAD, karena keperluannya sangat mendesak. Hal-hal seperti itu harus saya kerjakan. Mungkin saya panggil dirut (direktur utama) tanpa harus beri tahu Menteri BUMN atau panggil dirjen tanpa lewat menteri. Karena sangat mendesak, informasi yang dibutuhkan, tengah malam pagi subuh. Karena kita diberi tanggung jawab kelola 260 juta jiwa di negara kita," papar dia. 

"Sekali lagi saya ucapkan makasih dan mohon maaf bila dalam pergaulan sehari-hari dalam berikan perintah dan berinteraksi ada yang kurang berkenan. Karena saya penuh dengan kekhilafan dan kekurangan sehingga banyak hal dalam kita bergaul ada hal-hal yang kurang berkenan," imbuh Jokowi. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0