Kalimantan Timur Ibu Kota Baru? Simak Kembali Pendapat Jokowi Mengenai Provinsi Ini :: Nusantaratv.com

Kalimantan Timur Ibu Kota Baru? Simak Kembali Pendapat Jokowi Mengenai Provinsi Ini

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil sebut Kalimantan Timur bakal jadi ibu kota baru.
Kalimantan Timur Ibu Kota Baru? Simak Kembali Pendapat Jokowi Mengenai Provinsi Ini
Presiden Jokowi saat menyambangi provinsi Kalimantan

Sebelum Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil keceplosan menyebut Kalimantan Timur akan jadi ibu kota baru, Presiden Jokowi pada Mei lalu bertandang ke provinsi ini.

Sat diwawancara sejumlah awak media, Jokowi mengatakan bahwa provinsi Kalimantan Timur memiliki sejumlah infrastruktur yang mendukung sebagai ibu kota baru. 

"Di sini semuanya saya melihat sangat mendukung. Kebetulan ini berada di tengah-tengah Jalan Tol Samarinda-Balikpapan,” ujar Jokowi mengutip Kompas.com.

Jokowi mengatakan, di Balikpapan dan Samarinda sudah tersedia bandar udara sehingga pemerintah tidak perlu membangun bandar udara baru. 

Pelabuhan juga disebut sudah tersedia di sana. 

"Artinya itu akan banyak menghemat biaya," kata Presiden. 

Namun, Jokowi mengingatkan, kajian itu tidak hanya urusan infrastruktur, tetapi sosiologis dan sosial politiknya yang perlu dipertajam. Selain itu, juga urusan lingkungan, misalnya kebutuhan air seperti apa, apakah jauh dari sisi kebencanaan seperti banjir atau gempa bumi. 

"Saya kira di sini enggak ada," ujar Jokowi. 

Saat ditanya wartawan apakah berarti sudah ada deal, Presiden Jokowi menegaskan semuanya masih dikalkulasi. Namun, secara khusus Presiden menilai, fasilitas-fasilitas yang ada di Kaltim ini sangat mendukung, terutama dengan tersedianya bandar udara dan jalan tol.


 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0