Jokowi Minta Reformasi Birokrasi Besar-besaran

Ia mau cara-cara analog dirubah menjadi digital
Jokowi Minta Reformasi Birokrasi Besar-besaran
Rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan permintaannya agar birokrasi di kementerian/lembaga direformasi secara besar-besaran.

Baca juga: Eselon III dan IV Dihapus, Jabatan 400 Ribu PNS Hilang? 

"Reformasi birokrasi harus dilakukan besar-besaran beriringan paralel dengan pemangkasan regulasi-regulasi yang ada, mengubah cara kerja yang manual analog ke cara-cara kerja digital, mengubah mindset dari dilayani menjadi melayani," kata Jokowi saat rapat terbatas 'Program Cipta Lapangan Kerja' di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

Jokowi mengingatkan rencana pemangkasan eselon di kementerian/lembaga. Tapi, kajian mendalam dilakukan terlebih dahulu, agar tepat sasaran.

"Saya kira di Kementerian PAN/RB juga sudah menyiapkan yang nanti akan memangkas pertama mungkin eselon IV terlebih dahulu setiap kementerian meskipun ini juga harus dilihat secara cermat kajiannya," tuturnya.

Jokowi pun lagi-lagi menekankan pentingnya mengubah orientasi proses, ke orientasi hasil.

"Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil jangan sampai kita masih bertele-tele di prosedur tapi goal-nya, hasilnya justru tidak dilihat. Sekali lagi mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0