Jokowi Mau Pindah Ibu Kota Tak Pakai Uang Negara, Caranya? :: Nusantaratv.com

Jokowi Mau Pindah Ibu Kota Tak Pakai Uang Negara, Caranya?

Jokowi ingin jual tanah ke swasta untuk biaya pindah ibu kota
Jokowi Mau Pindah Ibu Kota Tak Pakai Uang Negara, Caranya?
Peta ibu kota baru

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mengkaji pemindahan ibu kota tanpa menggunakan dana APBN. Skema yang terlintas dalam pikirannya ialah melalui menjual tanah negara ke swasta dalam kurun waktu tertentu.

Hasil penjualan tanah akan dimanfaatkan untuk membangun ibu kota baru. Jokowi menghitung ada potensi dana Rp 600 triliun sampai dengan Rp 900 triliun yang bisa dihimpun jika skema tersebut dipakai. 

Potensi dana dibuat dengan asumsi, lahan yang dijual seluas 30 hektare dengan harga Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per meter persegi. Tapi, untuk menutup celah swasta menimbun tanah untuk kepentingan bisnis mereka, Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan syarat.

Swasta bakal diperbolehkan membeli tanah itu jika nantinya mereka sanggup segera melaksanakan pembangunan di tanah yang mereka beli dalam waktu dua tahun. Di samping itu, swasta juga sanggup untuk tidak membiarkan tanah yang mereka beli menganggur.

Jokowi mengaku telah berkomunikasi dengan para pengembang untuk melaksanakan skema itu. Asosiasi pengembang salah satunya, REI sudah menyatakan tertarik dengan skema itu.

"Skema ini menjadi alternatif pembiayaan ya. Ini akan dikaji. Nanti akan ada badan otorita yang mengurus itu semua," ujar Jokowi saat bertemu dengan pimpinan redaksi media masa di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/9/2019). 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0