Jokowi Mau Menteri Pastikan Kebijakan Sampai dan Bermanfaat Bagi Rakyat :: Nusantaratv.com

Jokowi Mau Menteri Pastikan Kebijakan Sampai dan Bermanfaat Bagi Rakyat

Jokowi kerap mendapat laporan program tak sampai ke rakyat
Jokowi Mau Menteri Pastikan Kebijakan Sampai dan Bermanfaat Bagi Rakyat
Presiden Jokowi

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menteri dan pejabat lainnya di pemerintahan baru, bekerja berorientasi pada hasil. 

"Sekali lagi, mendobrak rutinitas adalah satu hal. Meningkatkan produktivitas adalah hal lain yang menjadi prioritas. Jangan lagi kerja kita berorientasi proses, tapi harus berorientasi pada hasil-hasil yang nyata," ujar Jokowi dalam pidato perdananya sebagai Presiden periode 2019-2024 di sidang paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). 

Menurut Jokowi, ia kerap mengingatkan para menteri untuk membuat masyarakat menikmati pelayanan hasil pembangunan. Bukan hanya melaksanakan kebijakan. 

Seringkali birokrasi melaporkan bahwa program sudah dijalankan, anggaran telah dibelanjakan, dan laporan akuntabilitas telah selesai. Kalau ditanya, jawabnya 'Program sudah terlaksana Pak.' Tetapi, setelah dicek di lapangan, setelah saya tanya ke rakyat, ternyata masyarakat belum menerima manfaat," tuturnya. 

Jokowi tak mau pejabat anak buahnya hanya mengirimkan bantuan atau program. Tapi juga memastikan bahwa bantuan atau program pemerintah tersebut, sampai dan dirasakan manfaatnya masyarakat. 

"Saya tidak mau birokrasi pekerjaannya hanya sending-sending saja. Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered. Tugas birokrasi itu menjamin agar manfaat program dirasakan oleh masyarakat," tandas Jokowi. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0