Jokowi Ketemu PM Belanda Bahas Sawit Berkelanjutan :: Nusantaratv.com

Jokowi Ketemu PM Belanda Bahas Sawit Berkelanjutan

PM Belanda ingin masalah industri sawit dijadikan peluang
Jokowi Ketemu PM Belanda Bahas Sawit Berkelanjutan
Jokowi bersama PM Belanda Mark Rutte

Jakarta, Nusantaratv.com - Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10/2019). Pertemuan membahas penguatan kerja sama perekonomian, terutama soal industri sawit.

Baca juga: Jokowi Puji Belanda yang Hargai Kedaulatan NKRI

"Presiden mengatakan perdagangan kita dengan Belanda surplus cukup banyak. Concern yang disampaikan Presiden adalah mengenai masalah kelapa sawit," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di Istana Kepresidenan, Bogor.

Indonesia dan Belanda sebelumnya menandatangani MoU penguatan kapasitas bagi petani kecil sawit pekan lalu. MoU tersebut diharapkan membuat petani bisa memproduksi sawit yang sustainable.

Belanda, menurut Retno, merupakan mitra kedua terbesar perdagangan Indonesia dengan Eropa. Pada 2018, tercatat nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 5 miliar.

Retno mengungkapkan, Belanda tertarik menanamkan modal di beberapa sektor, seperti manajemen air serta infrastruktur kemaritiman.

"Kita punya proyek di Semarang dan akan dilanjutkan," ucapnya.

Dalam pertemuan, Jokowi menegaskan komitmen dalam pembangunan sumber daya manusia di pemerintahannya lima tahun ke depan. 

"Karena itu pendidikan vokasi jadi sangat penting. Dan dua hal yang kita bahas tadi adalah bidang kemaritiman, vokasi di bidang kemaritiman karena sudah ada kerja sama dengan Belanda. Dan satu lagi adalah di bidang keperawatan," papar Retno.

PM Mark Rutte menjelaskan, kelapa sawit dan produksi yang berkelanjutan dibahas dalam pertemuan tersebut. Dirinya mau mengubah situasi pelik mengenai kelapa sawit, menjadi peluang.

"Seperti yang tadi MoU baru saja ditandatangani, dan MoU tersebut akan fokus pada pengembangan kapasitas petani skala kecil," kata dia.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0