Jokowi Dikabarkan Tak Teken UU KPK Baru :: Nusantaratv.com

Jokowi Dikabarkan Tak Teken UU KPK Baru

Informasi ini belum dipastikan Arsul
Jokowi Dikabarkan Tak Teken UU KPK Baru
Arsul Sani. (Detik.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan tak menandatangani Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) hasil revisi. Informasi disampaikan mantan panja revisi UU KPK, Arsul Sani. Meski begitu, Arsul belum bisa memastikan rumor tersebut.

Baca juga: Otomatis! UU KPK Baru Berlaku Esok

"Ini soal UU KPK, kabar yang saya dengar, karena saya belum sempat mengonfirmasikan kepada Pak Plh Menkum HAM, bahwa Pak Presiden tidak menandatangani UU tersebut," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

UU KPK anyar otomatis berlaku meski tak ditandatangani oleh Presiden. UU berlaku terhitung 30 hari usai disidangkan. Sehingga, KPK saat ini bekerja dengan sejumlah aturan yang baru, salah satunya diawasi oleh Dewan Pengawas (Dewas).

Saat ini Dewan Pengawas KPK belum dibentuk, tapi Arsul menegaskan, kerja KPK tetap berjalan normal, salah satunya tetap bisa melakukan penyadapan.

"Jadi per hari ini belum ada Dewas, KPK boleh melakukan penyadapan, berdasarkan ketentuan dan SOP yang berlaku di internal KPK. Setelah nyadap ditemukan dan OTT, diperbolehkan saja," tuturnya.

Arsul mengatakan, informasi yang menyebut KPK tak bisa menyadap karena Dewas belum ada, tidak tepat. Sebab, dalam UU KPK yang baru tertuang aturan yang mengizinkan KPK melakukan penyadapan meski Dewas belum terbentuk.

"Dalam Pasal 69 D UU perubahan kedua UU KPK, secara tegas telah menyatakan bahwa dalam hal Dewas belum dibentuk, maka pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK yang sudah ada itu dilaksanakan bedasarkan ketentuan yang berlaku sebelum UU ini diberlakukan," papar menurut Sekjen PPP.

Berikut bunyi Pasal 69 D:

Sebelum Dewan Pengawas terbentuk, pelaksanaan tugas dan kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi dilaksanakan berdasarkan ketentuan sebelum Undang-Undang ini diubah.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0