Jokowi Bolehkan Moeldoko Tambah Stafsus :: Nusantaratv.com

Jokowi Bolehkan Moeldoko Tambah Stafsus

Sebelumnya stafsus hanya tiga orang
Jokowi Bolehkan Moeldoko Tambah Stafsus
Jokowi (tengah) dan Moeldoko (kiri). (Liputan6.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Selain adanya jabatan Wakil Kepala Staf Kepresidenan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membolehkan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengangkat paling banyak lima orang staf khusus (stafsus) untuk membantu menjalankan tugas. Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 83 Tahun 2019 tentang Kantor Staf Presiden (KSP), yang diterbitkan Jokowi pada 18 Desember lalu.

Baca juga: Ngabalin Setuju Moeldoko Didampingi Wakil KSP

Staf khusus ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan sebelumnya, yang hanya tiga orang.

"Di lingkungan Kantor Staf Presiden dapat diangkat paling banyak 5 (lima) orang Staf Khusus," bunyi Pasal 27 Ayat (1) Perpres No. 83 tahun 2019 dikutip di laman setneg.go.id, Kamis (26/12/2019). 

Staf khusus bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Staf Kepresidenan, sesuai penugasan yang diberikan. Staf khusus berasal dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS), maupun profesional.

Masa jabatan staf khusus paling lama sama dengan masa jabatan Kepala Staf Kepresidenan. Hak keuangan dan fasilitas lain bagi staf khusus diberikan seperti PNS eselon I.b.

"Staf Khusus diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Staf Kepresidenan," bunyi Pasal 30 Ayat 1 Perpres No. 83 tahun 2019.

Nantinya, dalam menjalankan tugasnya, KSP, Wakil KSP dan staf khusus akan dibantu tenaga deputi dan profesional serta sekretariat yang diisi oleh tenaga fungsional.

KSP diperbolehkan mengangkat paling banyak lima deputi. Sementara tenaga profesional terdiri dari tenaga ahli utama, madya, muda dan terampil.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0