Jokowi Ancam Pecat Dubes yang Tak Bantu Tingkatkan Ekspor :: Nusantaratv.com

Jokowi Ancam Pecat Dubes yang Tak Bantu Tingkatkan Ekspor

Nilai ekspor di masing-masing negara menjadi penilaian kinerja para dubes
Jokowi Ancam Pecat Dubes yang Tak Bantu Tingkatkan Ekspor
Jokowi bersama dubes dan para menteri.

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengancam memecat duta besar (dubes) yang kerjanya tak beres. Karenanya ia meminta Kementerian Luar Negeri membuat sistem penilaian terhadap setiap kantor perwakilan Indonesia di luar negeri.

Baca juga: Bupati Sidoarjo Di-OTT, Istana: Bukti KPK Masih Kuat 

"Saya minta terakhir ke Bu Menteri, ada sebuah KPI (key performance index) yang jelas, yang terukur. Prestasi ini dihitung dari mana sih? Harus ada angka-angka," ujar Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Menurut Jokowi, salah satu yang bisa dijadikan indikator penilaian adalah besaran nilai ekspor Indonesia ke negara di mana para dubes ditempatkan. Jika ekspor Indonesia ke negara tersebut tinggi, maka bisa menjadi nilai plus bagi dubes.

"Ekspor naik berapa untuk China, untuk Amerika, untuk negara Afrika per duta besar. Biar jelas yang berprestasi sama yang tidak, yang harus diganti dan tidak," tutur Jokowi.

Adapun guna menggenjot nilai ekspor di suatu negara, Jokowi meminta para dubes terus memperluas jaringan. Seiring dengan itu, mereka melakukan pemetaan, produk apa yang melimpah di Indonesia dan dibutuhkan di negara mereka ditempatkan.

"Barang yang dibutuhkan apa? Intelijen marketing seperti ini yang diperlukan sehingga kita bisa masuk ke pasar-pasar Afrika, produk-produk apa yang diperlukan di sana bisa," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0