Jaksa Agung Diberondong Pertanyaan Soal Jaksa Agung Muda :: Nusantaratv.com

Jaksa Agung Diberondong Pertanyaan Soal Jaksa Agung Muda

Pertanyaan diajukan saat rapat dengan Komisi III DPR
Jaksa Agung Diberondong Pertanyaan Soal Jaksa Agung Muda
Jaksa Agung ST Burhanuddin saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Jaksa Agung ST Burhanuddin rapat perdana dengan Komisi III DPR RI. Dalam rapat, Burhanuddin dicecar pertanyaan soal ditunjuknya tiga Pelaksana Tugas (Plt) Jaksa Agung Muda.

Baca juga: Rapat Perdana Jaksa Agung dengan Komisi III DPR Digelar, Ini Pembahasannya

"Kita juga mohon sekali masalah Plt Pak, saya ngelihat masalah Plt sakit mata saya Pak. Kenapa dibuat Plt-plt kemarin ini?" ujar anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

"Mungkin Pak JAM bisa cerita ada politik hukum apa ini? Ingin konsolidasi kekuasaan di Jaksa Agung semuanya atau memang ada perdagangan pengaruh atau aspek komersial yang lain Pak?" imbuh dia. 

Pernyataan serupa juga diajukan anggota Komisi III dari Fraksi PKS, Nasir Djamil. Nasir mempertanyakan apakah tidak ada jaksa yang bisa mengisi posisi itu.

"Karena itu langkah pertama bagaimana kemudian seperti yang dikatakan sejumlah anggota Komisi III tadi itu yang namanya Plt-plt ini segera didefinitifkan. Karena kita heran apa tidak ada jaksa-jaksa bintang dua yang bisa mengisi posisi-posisi itu," tuturnya. 

Nasir bertanya apa ada kebuntuan regenerasi di Kejaksaan. Sebab, kata dia, posisi tersebut bisa dilanjutkan oleh Plt yang menjabat.

"Maka kita berpikir apa kaderisasi yang mandek atau ada apa? Sehingga posisi Jaksa Agung Muda yang Plt ini kemudian tidak terisi penyidik, kalau bisa dilanjutkan, dilanjutkan yang Plt ini," jelas Nasir.

Sama dengan Arteria dan Nasir, anggota Komisi III dari Fraksi Gerindra Habiburokhman, menilai para Plt itu seharusnya sudah bisa didefinitifkan.

"Pertama saya juga capek ya lihat Plt-plt ini Pak, kalau dilihat dari sosoknya yang Plt itu seharusnya cukup berkualitas untuk definitif. Jadi saya pikir nggak perlu terlalu lama," ujar Habiburokhman.

Diketahui, tiga posisi Jaksa Agung Muda hingga kini masih kosong. Ketiga posisi ini antara lain Jaksa Agung Muda bidang Pembinaan, Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum dan Jaksa Agung Muda bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Guna mengisi kekosongan, ketiga posisi diisi Sekretaris Jaksa Agung Muda.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0