Ini Alasan Faldo Maldini Pindah ke PSI :: Nusantaratv.com

Ini Alasan Faldo Maldini Pindah ke PSI

Faldo merasa dibantu PSI menggugat UU Pilkada
Ini Alasan Faldo Maldini Pindah ke PSI
Faldo Maldini saat resmi bergabung dengan PSI

Jakarta, Nusantaratv.com - Politikus muda Faldo Maldini memutuskan pindah dari Partai Amanat Nasional (PAN) ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ia beralasan, PSI membantunya ketika menggugat Undang-Undang (UU) Pilkada mengenai batas usia calon kepala daerah.

Baca juga: Politikus PSI Surya Tjandra Jadi Wamen ATR

"Awalnya, saya apresiasi karena teman-teman PSI, terutama Rian Ernest dan tim, dukung saya untuk gugat UU Pilkada terkait batas usia. PSI bantu kuasa hukum dan juga ikut menggugat. Kami percaya UU tersebut diskriminatif," kata Faldo, Senin (28/10/2019).

Faldo sebelumnya hendak maju di Pilkada Sumatera Barat (Sumbar) 2020. Tapi ia terkendala kurangnya batas usia untuk ikut ajang kontestasi tersebut.

"Nilai antidiskriminasi itu yang bikin saya ketemu, ini perjuangan saya juga," ucapnya.

PSI sendiri juga sama-sama menggugat UU Pilkada. PSI, kata Faldo tetap membantunya kendati di Pilpres 2019 berseberangan.

"Mereka tidak lihat siapa yang ditolong, bahkan lawannya ketika pilpres yang lalu. Saya yakin ada kultur politik baru yang coba ditawarkan. Kita tidak ditanya punya uang berapa, anak siapa, atau temannya siapa. Kami banyak bicara soal pikiran, gagasan," paparnya.

"Tawaran apa yang ingin diberikan untuk memperbaiki kualitas representasi, kualitas demokrasi, dan pemerintahan di Indonesia ke depan. Partai ini senang diskusi, seperti saya. Partai ini senang menyampaikan pikiran kepada masyarakat," imbuh Faldo.

Faldo sadar jika PSI tak memiliki perwakilan di DPRD Sumbar. Walau begitu, ia menilai partai politik pimpinan Grace Natalie senantiasa berjuang menghadirkan kepimpinan baru.

"Bukan status quo, bukan dukung orang kuat yang punya uang banyak atau kekuasaan besar. Itu tugas parpol yang tidak jalan optimal selama ini. Saya pun ingin ikut menghadirkan kepemimpinan yang baru di Sumbar, ingin jadi yang paling depan," tuturnya.

Di PSI, Faldo dipercaya menjadi Ketua DPW Sumbar. Ia optimis mendapat tambahan dukungan dari parpol-parpol lain setelah ini.

"Makanya, amanah menjadi Ketua DPW Sumbar saya terima. Bila masyarakat Sumbar setuju dengan Sumangaik Baru (Semangat Baru), tentu dukungan dari partai politik juga akan datang, tidak mungkin mereka khianati keinginan rakyat," tandas Faldo.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0