Ibu Kota Pindah, Ini Saran Dekan UI :: Nusantaratv.com

Ibu Kota Pindah, Ini Saran Dekan UI

Pemindahan ibu kota ke Kaltim dalam jangka panjang dapat menstimulasi daerah sekitar. Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur seluruh wilayah Indonesia.
Ibu Kota Pindah, Ini Saran Dekan UI
Ibu Kota pindah ke Kalimantan Timur. (istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ibu Kota bakal pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim). Keputusan itu resmi disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Pemindahan ibu kota ke Kaltim dalam jangka panjang dapat menstimulasi daerah sekitar. Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur seluruh wilayah Indonesia. Namun, pemerintah seharusnya memperhatikan perkembangan teknologi informasi di masa depan.

Baca: Pindah Ibu Kota, ASN Terikat Kontrak dengan Negara dan Harus Siap Ditugaskan Dimana Saja

"Di sisi lain, ke depan size pemerintah akan merosot atau berkurang, aktivitas mulai berkurang karena kemajuan digital, para pekerja termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa bekerja dari rumah dan rapat­-rapat bisa melalui teleconference," ujar Eko Prasojo, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (UI), dilansir dari laman UI, Selasa (3/9/2019).

Dikatakannya, gedung pemerintah juga akan kosong, meski nantinya baru bisa dilaksanakan pemindahan dalam waktu 15 tahun lagi. "Apakah pemerintah sudah mengkaji dampak IT terhadap pemindahan ibu kota?" tanya Eko.

Menurutnya, desentralisasi dan otonomi daerah sudah mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, hanya tinggal perbaikan pada sistem pelayanan yang lebih efektif di daerah. Hal itu juga mengurangi urbanisasi dari daerah ke kota sehingga mempercepat pertumbuhan di daerah.

Baca: Pindah Ibu Kota, Pemerintah Siapkan Konsep Desain dalam 18 Bulan

"Namun, masalah tata ruang juga akan menjadi masalah di kemudian hari. Apalagi kalau swasta terlibat dalam pembangunan ibu kota. Pemerintah harus punya konsep yang kuat, jangan sampai diatur-­atur," jelasnya.

Selain itu, perubahan sosial budaya dan konflik sosial bisa saja terjadi, terutama mulai dari pemindahan ASN. Pemindahan swasta ke ibu kota baru juga bisa menimbulkan konflik baru. "Ini diharapkan tidak mengubah orisinalitas daerah setempat," tukas Eko.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0