Gibran dan Bobby Maju Pilkada Via PDIP, Puan: Beri Kesempatan Lah :: Nusantaratv.com

Gibran dan Bobby Maju Pilkada Via PDIP, Puan: Beri Kesempatan Lah

Menurut dia keputusan akhir di tangan Megawati
Gibran dan Bobby Maju Pilkada Via PDIP, Puan: Beri Kesempatan Lah
Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR Puan Maharani. (Elvan J. Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Putra dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, mendaftar penjaringan calon kepala daerah di pilkada 2020 melalui PDI Perjuangan (PDIP).

Baca juga: Gibran: Bukan Materi, yang Bapak Ibu Ingin Percepatan Solo 

Menurut Ketua DPP PDIP Puan Maharani, keduanya bakal mengikuti proses seleksi di partai berlambang kepala banteng sebelum akhirnya diberikan rekomendasi. 

"Karena masuknya dari PDIP, akan ikuti mekanisme fit and proper yang ada di PDIP, kalau kami atau PDIP menyatakan lulus kemudian siap untuk ikut dalam mekanisme tersebut, tentu saja kami akan hormati semua orang yang mendaftar lewat PDIP," ujar Puan di sela silaturahmi dengan wartawan di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Jumat (13/12/2019). 

Puan menegaskan Gibran merupakan kader PDIP. Sehingga ia menampik majunya putra sulung Jokowi itu 'merusak' tradisi jika prioritas yang dicalonkan PDIP di pilkada ialah kader sendiri. 

"Nggak ada. Gibran setahu saya itu sudah masuk dalam PDIP. Biasanya calon yang masuk akan maju jadi calon dari PDIP itu sudah punya kartu anggota dari PDIP. Atau bisa juga mewakili PDIP. Saya rasa pilihan mereka untuk maju melalui PDIP sudah melalui pertimbangan matang untuk bersama-sama dengan PDIP, bukannya kita memutus kader ya. Mereka berdua kalau nanti mendapat rekomendasi dari ketua umum adalah salah satu kader-kader yang akan kita dorong untuk maju dalam pilkada," papar dia. 

Terlebih, kata Puan, nantinya Gibran maupun Bobby masih harus berproses di partai sebelum akhirnya dicalonkan. Keputusan akhir ini nantinya ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Ketua umum. Rekomendasi itu ada di Ketua Umum," ucap Puan. 

Lebih lanjut, Puan meminta seluruh pihak tak memperdebatkan pencalonan Gibran dan Bobby. Ia berharap keduanya diberi kesempatan terlebih dahulu.

"Sekarang ini kan era pemilihan langsung, jadi rakyat yang akan memilih, biarkan rakyat yang memilih. Yang harus dipastikan jangan sampai dalam pelaksanaan nanti pilkada tersebut menggunakan hal-hal yang di luar dalam hak warga negara dalam bertarung di lapangan," jelasnya. 

"Jadi beri kesempatan lah, namanya ada warga negara yang ingin maju dalam satu pertarungan pilkada melalui mekanisme yang sah dan sesuai. Saya rasa biar rakyat yang memilih nanti," imbuh Ketua DPR RI. 

Gibran sebelumnya resmi mendaftar penjaringan pilkada lewat DPD PDIP Jawa Tengah untuk maju di Pilwalkot Solo. Sedangkan Bobby, mendaftar penjaringan bakal calon wali kota Medan melalui PDIP serta Golkar. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0