Gerindra-Golkar Berebut Ketua MPR, Megawati Jadi Penentu :: Nusantaratv.com

Gerindra-Golkar Berebut Ketua MPR, Megawati Jadi Penentu

Gerindra berpeluang pimpin MPR karena Prabowo dekat dengan Megawati
Gerindra-Golkar Berebut Ketua MPR, Megawati Jadi Penentu
Megawati Soekarnoputri. (Elvan J Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Partai Golkar dan Gerindra tengah berebut kursi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menanti perintah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri terkait arah dukungan untuk jabatan ketua MPR. 

Menurut politisi PDIP Trimedya Panjaitan,  baik Golkar dan Gerindra sama-sama memiliki hal positif yang dapat dijadikan bahan pertimbangan Megawati.

Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto telah menunjuk Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai calon ketua MPR. Sementara Ketum Gerindra Prabowo Subianto memilih Ahmad Muzani.

"(Megawati) dekat dengan Pak Prabowo, dekat juga dengan Pak Airlangga kan dan juga dekat Pak Bamsoet. Jadi kalau semuanya itu bisa aja Pak Muzani, Pak Bamsoet, tergantung menit-menit terakhirnya," ujar Trimedya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Trimedya memandang Bamsoet dan Muzani sama-sama memiliki kompetensi guna menduduki jabatan ketua MPR. Tapi, Gerindra disebut lebih dekat dengan Megawati, karena Prabowo pernah menjadi cawapres putri Presiden pertama RI Soekarno.

"Nah itu nanti gongnya bagaimana perintah Ibu (Megawati) lah. Dua itu memang nama yang kapabel dan jam terbangnya sudah ok," jelas Trimedya.

"Di antara dua yang itu (Gerindra dan Golkar) kan ada plus minusnya. Kalau Golkar masuk di dalam koalisi, kalau Gerindra kan ada hubungan khusus dengan Pak Prabowo. Bukan sekedar nasi goreng, tapi pernah jadi wakil presidennya ibu (Megawati)," sambung Trimedya. 

Trimedya mengakui sudah ada lobi-lobi baik dari Gerindra maupun Golkar. Namun, yang terpenting menurutnya harus ada harmonisasi antar parpol di MPR.

"Nah mana yang paling bagus tujuannya yang mana, biar negara ini harmoni. Saya rasa tujuannya ke sana. Pada saat inilah, kalau keduanya melakukan pendekatan seperti yang saya bilang tadi, pasti lah," tandasnya. 

Rencananya, rapat pemilihan pimpinan MPR digelar Kamis (3/10/2019).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0