Dukung Anies, Nasdem Dinilai Gertak Jokowi dan PDIP :: Nusantaratv.com

Dukung Anies, Nasdem Dinilai Gertak Jokowi dan PDIP

Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Nasdem dipandang tengah menggertak Jokowi dan PDIP
Dukung Anies, Nasdem Dinilai Gertak Jokowi dan PDIP
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu Ketua Umum Nasdem Surya Paloh

Jakarta, Nusantaratv.com -Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memutuskan mendukung Anies Baswedan di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Dukungan ini dinilai sebagai gertakan terhadap PDI Perjuangan (PDIP) dan Presiden Jokowi. 

Nasdem disebut tak setuju jika partai politik (parpol) pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin berkoalisi dengan Gerindra. Pasalnya ketika Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Prabowo Subianto, di hari yang sama Ketua Umum Nasdem Surya Paloh bertemu Anies.

"Semacam 'gertakan' dari Surya Paloh terhdap PDIP dan juga kepada Jokowi sendiri. 'Saya yang capek-capek mendukung Jokowi, kok, Gerindra yang dapat enaknya'," ujar pengamat politik yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Marianus Kleden, Selasa (30/7/2019).

Kendati tak disampaikan secara gamblang, menurut Marinus rekonsiliasi Prabowo-Jokowi berdampak pada pemilihan menteri yang kemungkinan mempertimbangkan keterwakilan Gerindra. Begitu halnya dengan parpol-parpol yang sebelumnya berada di kubu yang berseberangan dengan Jokowi di Pilpres. 

Nasdem, menurut Marianus khawatir jika Gerindra memborong semua kursi sehingga parpol tersebut tak mendapat tempat sesuai dengan harapan.

"Nasdem akan bertanya di manakah posisi saya yang selama ini setia mendukung Jokowi, antara lain, melalui Metro TV, memberikan efek yang signifikan," tuturnya.

Karena itu, kata dia sikap Paloh atau Nasdem seharusnya bisa dipahami sebagai wujud kekecewaan terhadap PDIP dan Jokowi yang dinilai memberi angin bagi Prabowo dan Gerindra untuk bergabung dalam pemerintahan mendatang. (Rizk) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0