DPR Sahkan RUU Pesantren, PBNU Sebut Kado Istimewa Bagi Bangsa dan Negara :: Nusantaratv.com

DPR Sahkan RUU Pesantren, PBNU Sebut Kado Istimewa Bagi Bangsa dan Negara

RUU Pesantren disahkan setelah mendengar persetujuan dari seluruh fraksi partai politik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.
DPR Sahkan RUU Pesantren, PBNU Sebut Kado Istimewa Bagi Bangsa dan Negara
Ketua PBNU Robikin Emhas menyebut disahkannya RUU Pesantren menjadi UU sebagai kado istimewa. (Infodesa News)

Jakarta, Nusantaratv.com - DPR RI mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pesantren menjadi Undang-Undang (UU). Robikin Emhas, salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), menyebut sebagai kado istimewa bagi bangsa dan negara.

"Alhamdulillah, RUU Pesantren disahkan menjadi UU. Terima kasih Presiden Jokowi, DPR RI dan segenap pihak yang tidak mungkin disebut satu persatu. Secara khusus, terima kasih juga kepada DPP PKB dan Fraksi PKB, juga PPP dan parpol lainnya," ujar Robikin, di Jakarta, dikutip NU Online, Selasa (24/9/2019).

RUU Pesantren disahkan setelah mendengar persetujuan dari seluruh fraksi partai politik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Robikin menegaskan pengesahan RUU Pesantren penting karena pesantren merupakan pilar penanaman nilai-nilai agama dan nasionalisme yang sudah teruji perannya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Sebut Ormas Islam Pendukung RUU Pesantren Banyak

"Selain itu, UU Pesantren yang disahkan menjelang peringatan Hari Santri 22 Oktober 2019 juga boleh dibilang merupakan kado tersendiri, bagi bangsa dan negara. Semoga UU Pesantren menambah berkah bagi Indonesia," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan pandangan terakhir Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Diungkapkannya, RUU Pesantren dibuat karena adanya kebutuhan mendesak atas independensi pesantren berdasarkan fungsinya, yakni dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

"RUU tentang Pesantren ini juga merupakan bentuk afirmasi dan fasilitasi bagi pesantren," tuturnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0