DPR Gelar Rapat Paripurna Soal PAW dan RUU Prioritas :: Nusantaratv.com

DPR Gelar Rapat Paripurna Soal PAW dan RUU Prioritas

Pergantian dilakukan karena anggota DPR tersebut menjadi menteri
DPR Gelar Rapat Paripurna Soal PAW dan RUU Prioritas
Rapat paripurna DPR RI mengenai PAW. (Ist.)

Jakarta, Nusantaratv.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar rapat paripurna, Rabu (22/1/2020) siang. Salah dua agendanya mengesahkan RUU prioritas dan pengesahan sekaligus pengambilan sumpah anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW).

Baca juga: Puan Kunjungi Kantin yang Konon Tersehat se-Indonesia 

"Salah satu agenda yang dibahas adalah meminta persetujuan rapat paripurna untuk mengesahkan RUU prioritas yang masuk Prolegnas 2020," ujar Ketua DPR Puan Maharani, Rabu (22/1/2020).

PAW menyasar Zainudin Amali, anggota Fraksi Golkar DPR RI. Ia di-PAW setelah menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. Penggantinya ialah Muhammad Ali Ridha. 

PAW juga dilakukan terhadap Edhy Prabowo, anggota Fraksi Gerindra DPR RI. Edhy digantikan Renny Astuti, setelah dirinya menduduki kursi Menteri Kelautan dan Perikanan. 

Adapun untuk pengesahan RUU prioritas, ada 50 RUU, empat di antaranya hasil carry over. 

"Serta tiga RUU kumulatif terbuka yang akan dimintakan persetujuan rapat paripurna," kata dia. 

RUU yang akan dibahas termasuk tiga RUU Omnibus Law yakni RUU Cipta Lapangan Kerja, RUU Perpajakan, serta RUU tentang Ibu Kota Negara. Tapi, menurut Puan sejauh ini DPR belum menerima draf RUU Omnibus Law dari pemerintah.

"Sampai sekarang DPR belum menerima satu pun draf RUU Omnibus Law inisiatif dari pemerintah. Karena itu DPR tidak bertanggung jawab dan tidak menanggapi draf RUU Omnibus (Cipta Lapangan Kerja) yang beredar di publik di mana sumbernya tidak jelas," tuturnya. 

Puan menegaskan, DPR akan membahas RUU sesuai tata-cara yang ada. Karena RUU Omnibus Law masuk dalam daftar prioritas, maka bakal jadi fokus pembahasan Badan Legislasi (Baleg) DPR. 

"DPR akan menerima masukan dari semua kelompok masyarakat sehingga pembahasan RUU Omnibus akan berlangsung secara komprehensif," tandas Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0