Bersiap! Hari Ini Mahasiswa Demo Lagi :: Nusantaratv.com

Bersiap! Hari Ini Mahasiswa Demo Lagi

Mereka menuntut Presiden Jokowi menerbitkan perppu
Bersiap! Hari Ini Mahasiswa Demo Lagi
Unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung DPR. (Obsession Media Group)

Jakarta, Nusantaratv.com - Hari ini, Senin (28/10/2019) mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jakarta akan kembali berunjuk rasa.

Baca juga: DPR Akan Dirikan KPPI, Diharap Jadi Wadah Aspirasi Mahasiswa

Mereka menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) untuk mencabut Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

"Besok (hari ini) kami akan turun aksi. Nama aksinya Gerakan Indonesia Memanggil," ujar Ketua BEM Universitas Indonesia (UI), Manik Margamahendra, Minggu (27/10/2019).

Aksi digelar di depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Menurut Manik, sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus rencananya akan bergabung, antara lain Universitas Bung Karno, Universitas Pancasila, Universitas Gunadarma, dan lainnya.

"Titik kumpul demonstrasi masih dipertimbangkan. Namun kami akan long march sampai depan Istana. Kami akan menyesuaikan dengan kondisi, besok," jelas Manik.

Selain penerbitan perppu, negara diminta bertanggungjawab terhadap korban meninggal dunia dalam aksi demonstrasi pada 23-30 September 2019.

"Dan segera dibentuk tim independen yang bisa menyelesaikan dan menemukan fakta-fakta terkait masalah itu (demonstrasi yang merenggut korban jiwa)," kata Manik.

Sementara, Ketua Dewan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Sultan Rivandi memastikan pihaknya juga turun ke jalan hari ini. Demonstrasi mereka beri judul 'PerppUIN: 28 Oktober 2019 Depan Istana Negara'. Meme yang diedarkan Sultan Rivandi, ada tagar #REFORMASIDIKORUPSI.

"Kami juga berkoordinasi dengan kampus lain," kata Sultan. 

Meski begitu, Universitas Trisakti memilih tak ikut serta dalam aksi.

"Besok kami ingin menggelar dialog di dalam kampus tentang dorongan agar Perppu UU KPK terbit, juga membahas soal RUU yang bermasalah, dan tentang Sumpah Pemuda. Kami juga akan berdiskusi dengan teman-teman Universitas Halu Oleo Kendari
yang akan datang ke Trisakti. Mereka akan menceritakan insiden demonstrasi yang merenggut dua korban jiwa di Kendari," jelas Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti, Dheatantra Dimas.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0