Bamsoet Mundur di Munas, Airlangga Ketum Golkar Lagi?

Bamsoet mengaku mengesampingkan keinginannya menjadi ketum demi kepentingan Golkar yang lebih besar
Bamsoet Mundur di Munas, Airlangga Ketum Golkar Lagi?
Bamsoet dan Airlangga. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Bambang Soesatyo (Bamsoet) akhirnya memutuskan mundur dari pencalonannya sebagai Ketua Umum (Ketum) Golkar di musyawarah nasional (Munas) partai berlambang pohon beringin. 

Baca juga: Bamsoet Setuju Wantimpres Diisi Ketum Parpol Koalisi 

Pernyataan ini ditegaskan Bamsoet setelah menggelar pertemuan dengan kompetitornya, Airlangga Hartarto, serta Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. 

Pengunduran diri Bamsoet yang juga disaksikan Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie ini, disampaikan di kantor Luhut, Selasa (3/12/2019). 

"Yang ada adalah pro Golkar dan pro Indonesia maju. Maka, dengan semangat rekonsiliasi yang kita sepakati bersama, demi menjaga soliditas, keutuhan Golkar, saya menyatakan tidak meneruskan pencalonan saya sebagai kandidat Ketum Golkar," kata Bamsoet. 

Solidnya Golkar dipandang Bamsoet penting, mengingat akan ada agenda pilkada serentak pada 2020 mendatang. Belum lagi persiapan Pemilu 2024. 

Karenanya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini mengesampingkan egonya demi kepentingan yang lebih besar. 

"Saya berharap soliditas dan kekompakan Golkar ke depan terjaga," ucapnya. 

Pengunduran diri ini sekaligus mengakhiri perselisihan Airlangga dan Bamsoet, yang sempat pasang-surut. Konflik keduanya menjadi vital, terlebih Bamsoet maupun Airlangga, memiliki basis pendukung yang sama-sama kuat. 

Kendati Bamsoet telah mundur, masih ada pesaing Airlangga dalam menduduki kursi pucuk pimpinan Golkar. Antara lain Ali Yahya, Ridwan Hisjam, Ahmad Anama, Indra Bambang Utoyo, Agun Gunandjar Sudarsa, M Aris Mandji, dan Derek Loupatty.

Munas Golkar sendiri sedianya berlangsung mulai hari ini, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0