Amerika Tetapkan Indonesia Jadi Negara Maju. Apa Ciri-ciri Negara Maju itu? :: Nusantaratv.com

Amerika Tetapkan Indonesia Jadi Negara Maju. Apa Ciri-ciri Negara Maju itu?

Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (AS) atau Office of the US Trade Representative (USTR) mencabut status Indonesia dari negara berkembang
Amerika Tetapkan Indonesia Jadi Negara Maju. Apa Ciri-ciri Negara Maju itu?
Donald Trump

Jakarta, Nusantaratv.com - Selain Indonesia, negara yang dicoret dari daftar negara berkembang oleh Negeri Paman Sam antara lain Brasil, India, Tiongkok dan Afrika Selatan. 

Alasan pengubahan status negara berkembang ini adalah agar lebih mudah bagi AS untuk meluncurkan penyelidikan apakah Indonesia sudah menerima subsidi ekspor dari Negeri Paman Sam. Dikhawatirkan Indonesia sesunguhnya tak lagi layak menerima subsidi itu. 

AS merasa perlu melakukan itu karena panduan yang digunakan oleh Negeri Paman Sam dibuat tahun 1998. 

Lantas seperti apakah ciri-ciri negara maju itu? Berikut penjelasan dari laman http://ciputrauceo.net/

1. Angka Pengangguran Rendah

Salah satu ciri-ciri negara maju adalah rendahnya tingkat pengangguran di negara tersebut. Tingkat pengangguran yang rendah adalah ciri-ciri negara maju yang paling spesifik. Perekonomian suatu negara tidak akan bisa berjalan secara maksimal jika lapangan kerja dan jumlah wirausaha masih terhitung rendah. Satu-satunya jenis pengangguran yang umumnya ada di negara maju adalah pengangguran friksional. Pengangguran friksional terjadi dikarenakan adanya peralihan tenaga kerja dari satu pekerjaan ke lainnya. Para pengagguran di negara maju biasanya justru mendapatkan jaminan sosial dari pemerintah. Meskipun begitu, jaminan ini tidak mereka jadikan sebagai sebuah sarana untuk bermalas-malasan. Mayoritas warga di negara maju akan merasa malu jika  mendapatkan jaminan ini, sehingga mereka akan berusaha sekuat mungkin untuk segera mendapatkan pekerjaan baru.

2. Pendapatan Per Kapita Tinggi

Pendapatan per kapita umumnya menjadi tolak ukur yang digunakan untuk menilai tingkat kemajuan sebuah negara. Sektor pendapatan per kapita dapat menunjukkan berapa pendapatan yang berhasil dicapai oleh rata-rata penduduk selama setahun di negara maju. Berdasarkan data dari Bank Dunia, negara maju harus memilki kriteria pendapatan per kapita di atas 10,726 US Dollar per tahun.

3. Laju Pertumbuhan Hidup Rendah

Angka kelahiran merupakan salah satu faktor pendukung untuk menilai apakah sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara maju. Negara maju umumnya memiliki tingkat pertumbuhan hidup yang rendah, yakni di bawah 1 persen pertumbuhan penduduk per tahun. Rendahnya tingkat pertumbuhan penduduk ini didukung oleh tingginya tingkat kesadaran tentang keluarga berencana, penundaan usia nikah dan kemajuan teknologi fasilitas kesehatan.

4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Semakin Cepat Dan Pesat

Di negara maju, para ilmuwan didukung oleh pemerintah dengan memberikan berbagai fasilitas terbaik guna menunjang proses observasi yang mereka lakukan. Fasilitas laboratorium yang lengkap dan gaji berstandar tinggi merupakan salah satu penunjang semangat bagi para ilmuwan yang membuat mereka bisa melakukan inovasi dengan baik. Observasi dan inovasi para ilmuwan pun tidak hanya berhenti pada titik laporan atau presentasi saja, namun hasil dari inovasi tersebut akan diaplikasikan di berbagai bidang, seperti militer, kedokteran, produksi, pengembangan ilmu pengetahuan bahkan teknologi ruang angkasa.

5. Industri Dan Jasa Menjadi Sektor Perekonomian Utama

Industri di negara maju rata-rata memproduksi suatu barang yang bernilai jual tinggi, seperti pesawat terbang, mobil, elektronik hingga alat-alat berat lainnya. Sementara itu, profesi yang banyak digeluti oleh masyarakat di bidang jasa antara lain pendidikan, hiburan, konsultan dan jasa keuangan.

6. Menghargai Waktu Dan Kesetaraan Gender Dijunjung Tinggi

Disiplin, jujur, bertanggung jawab serta profesional dalam menyelesaikan pekerjaan merupakan sekelumit sikap positif yang ada di dalam masyarakat negara maju. Dengan adanya sikap tersebut, mayoritas warga di negara maju dapat mengoptimalkan sumber daya secara maksimal dalam menjalankan pembangunan.

7. Sistem Pendidikan Yang Baik

Seluruh penduduk di negara maju rata-rata sudah melek huruf alias bisa membaca dan menulis dengan lancar. Pemerintah di negara maju memberikan jaminan berupa pendidikan dasar kepada seluruh rakyatnya. Umumnya pendidikan di negara maju memiliki fasilitas lengkap serta ruang belajar yang nyaman di kelasnya. Tak heran jika kecakapan sosial dan kemandirian peserta didik dalam mengembangkan potensinya merupakan salah satu sistem pendidikan sering digunakan di negara maju.

Di benua Asia sendiri negara=negara maju antara lain, Jepang, Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, Israel dan Taiwan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
2
funny
2
angry
1
sad
0
wow
0