20 Tahun Pasca Insiden Semanggi ll, Mahasiswa Trisakti Ikut Demo Tolak RUU KPK & RKUHP :: Nusantaratv.com

20 Tahun Pasca Insiden Semanggi ll, Mahasiswa Trisakti Ikut Demo Tolak RUU KPK & RKUHP

Kabar ribuan mahasiswa Trisakti ikut demo bersama mahasiswa dari universitas lain beredar luas. Kehadiran mereka disambut hangat mahasiswa lain dari berbagai universitas.
20 Tahun Pasca Insiden Semanggi ll, Mahasiswa Trisakti Ikut Demo Tolak RUU KPK & RKUHP
Ribuan mahasiswa berdemo menolak revisi RUU KPK dan RKUHP

Jakarta, Nusantaratv.com - Aksi demo besar-besaran mahasiswa dari sejumlah universitas menolak RUU KPK dan RKUHP berlangsung di depan gedung DPR RI, Selasa (24/9/2019).

Ikut sertanya ribuan mahasiswa Trisakti dalam aksi demo menyedot perhatian. Bahkan dalam.video Instagram yang diunggah ustadz Yusuf Mansur, kehadiran mahasiswa Trisakti disambut dengan gema Assalamualaikum oleh mahasiswa lain.

Memang, bertepatan tanggal 24 September ini, genap 20 tahun kita melewati peristiwa insiden Semanggi ll.

Seperti diketahui, tragedi Semanggi II terjadi pada 24 September 1999 yang menyebabkan tewasnya seorang mahasiswa dan 11 orang lainnya di seluruh Jakarta serta menyebabkan 217 korban luka-luka.

Pada tanggal 24 September 1999, untuk yang kesekian kalinya tentara melakukan tindak kekerasan kepada aksi-aksi mahasiswa.

Kala itu, adanya pendesakan oleh pemerintahan transisi untuk mengeluarkan Undang-Undang Penanggulangan Keadaan Bahaya (UU PKB) yang materinya menurut banyak kalangan sangat memberikan keleluasaan kepada militer untuk melakukan keadaan negara sesuai kepentingan militer.

Oleh karena itulah mahasiswa bergerak dalam jumlah besar untuk bersama-sama menentang diberlakukannya UU PKB. Mahasiswa dari Universitas Indonesia, Yun Hap meninggal dengan luka tembak di depan Universitas Atma Jaya.

Insiden Semanggi ll merupakan sebuah rangkaian peristiwa yang mana sebelumnya pada Mei 98 sejumlah mahasiswa Trisakti ikut berdemo ke gedung DPR. Pada saat itu pula sejumlah mahasiswa Trisakti tewas dan menjadi pejuang reformasi.

Kini setelah kurang lebih 20 tahun berlalu, mahasiswa Trisakti kembali berdemo lagi ke gedung DPR dengan tuntutan yang berbeda.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0