Penderita Virus Corona Meningkat, Ini Sebabnya :: Nusantaratv.com

Penderita Virus Corona Meningkat, Ini Sebabnya

Gejala terinfeksi virus corona yang kurang dipahami oleh sebagian masyarakat mengakibatkan peningkatan penyebaran virus covid-19.
Penderita Virus Corona Meningkat, Ini Sebabnya
Menghindari pusat-pusat keramaian dapat menghindarkan diri kita tertular virus corona./istyle.id

Nusantaratv.com – Gejala terinfeksi virus corona yang kurang dipahami oleh sebagian masyarakat mengakibatkan peningkatan penyebaran virus covid-19. Menurut sebuah penelitian, 86 persen orang yang telah terinfeksi virus corona atau covid-19 masih dapat bepergian dengan bebas tanpa mengetahui dirinya telah terinfeksi.

Hal seperti inilah yang menyebabkan virus asal kota Wuhan, China ini mudah menyebar di tengah masyarakat dengan lebih cepat.

Menurut Journal Science, peneliti menggunakan pemodelan komputer untuk melacak infeksi sebelum dan sesudah larangan bepergian ke Wuhan. Belajar dari situasi yang terjadi di China sebelum dilakukan pembatasan perjalanan di negara itu, enam dari setiap tujuh kasus yang terjadi tidak pernah dilaporkan.

Kasus “sembunyi-sembunyi” inilah yang memicu pandemi yang dihadapi dunia saat ini, dan masih banyak di luar sana yang tidak sadar bahwa mereka terinfeksi dan menginfeksi orang lain tanpa sadar.  Sebab, infeksi ini tidak memiliki gejala atau bergejala ringan. Sehingga membuat mereka berjalan bebas di depan umum namun menimbulkan ancaman bagi orang lain yang bisa mengalami gejala yang lebih parah.

Baca Juga: Arie Untung Dihujat Warganet Setelah Posting Soal Virus Corona

“Sebagian besar infeksi ini ringan, dengan sedikit gejala. Orang mungkin tidak mengenalinya. Atau mereka mengira pilek. Ini akan terus menghadirkan tantangan besar bagi penahanan wabah ini ke depan,” kata Shaman, rekan penulis dalam penelitian ini yang dikutip dari laman World of Buzz.

Meski sampel penelitian ini dilakukan berdasar data dari China, hasil penelitian ini juga bisa diberlakukan untuk negara lain seperti Indonesia.

Inilah sebabnya mengapa penting bagi kita sebagai warga Indonesia untuk tetap di rumah selama perintah social distancing ini sehingga kita tidak melakukan kontak dengan penderita yang mungkin tidak menyadari “sembunyi-sembunyi” yang dapat menularkan virus ke kerabat lansia. Hindari kerumunan besar dan cuci tangan sesering mungkin. 

Sumber: viva.co.id

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0