Pemerintah Himbau Masyarakat untuk Tidak Mudik Lebaran Tahun Ini :: Nusantaratv.com

Pemerintah Himbau Masyarakat untuk Tidak Mudik Lebaran Tahun Ini

Atas Dasar Keselamatan Pasca Wabah COVID-19, Pemerintah Himbau Masyarakat Tidak Mudik Lebaran Tahun Ini
Pemerintah Himbau Masyarakat untuk Tidak Mudik Lebaran Tahun Ini
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/ Setkab

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut B. Pandjaitan menyampaikan bahwa melanjutkan pembatasan sosial berskala besar diputuskan tidak ada larangan Mudik resmi dari pemerintah.

"Namun, Pemerintah beserta seluruh tokoh masyarakat mengimbau atas dasar keselamatan bersama agar masyarakat tidak melaksanakan mudik di tahun ini," ujar Menko Marves pada Kamis (2/4/2020).

Pemerintah dan seluruh aparatnya, menurut Luhut, akan melakukan langkah-langkah agar penggunaan angkutan umum pada tahun ini sesuai dengan protokol kesehatan Virus Korona (Covid-19), khususnya terkait dengan jaga jarak atau dikenal dengan physical distancing itu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Perusahaan Tetap Berikan THR Lebaran

"Nah, ini akan berdampak pada harga-harga angkutan kalau memang ada juga yang mudik. Karena bisa satu mobil, satu bus itu yang berpenumpang 40, mungkin hanya tinggal 20, sehingga tentu harganya bisa melonjak," kata Menko Marves.

Terkait dengan teknis pelaksanaan di lapangan, Menko Marves mengaku akan segera merumuskan dan mengumumkan bersama-sama Kementerian/Lembaga terkait, misalnya kalau memang ada yang memaksakan diri juga untuk mudik, dia harus masuk karantina 14 hari di tempat mudiknya.

"Dan kalau di tempat mudik itu kita anggap tidak aman nanti akan ada pengkategorian daerah dia kembali ke Jakarta bisa saja dia masuk ke daerah karantina lagi untuk 14 hari. Tapi karena ini kita untuk menjaga penyebaran dari Covid-19 tanpa membunuh sama sekali kegiatan-kegiatan ekonomi kita," ungkap Menko Marves.

Pemerintah Pusat dan daerah, lanjut Luhut, akan berkoordinasi memastikan masyarakat yang akan mudik dan harus melaksanakan isolasi.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0