Mantan Wapres JK Terima Penghargaan 'Anugerah untuk Keunggulan Dalam Diplomasi' :: Nusantaratv.com

Mantan Wapres JK Terima Penghargaan 'Anugerah untuk Keunggulan Dalam Diplomasi'

Jusuf Kalla Merupakan Negosiator Unggul dan Simbol Kebanggaan Indonesia.
Mantan Wapres JK Terima Penghargaan 'Anugerah untuk Keunggulan Dalam Diplomasi'
Mantan Wapres Jusuf Kalla. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Yayasan Sekar Manggis memberikan penghargaan 'Anugerah untuk Keunggulan Dalam Diplomasi' kepada Dr. H. Muhammad Jusuf Kalla atau akrab disapa JK, atas kontribusinya dalam pelaksanaan diplomasi, di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (23/1/2020). 

Acara ini merupakan hasil kerjasama lebih dari satu dekade antara Kemenlu dan Yayasan Sekar Manggis untuk mensosialisasikan seluas-luasnya akan pentingnya diplomasi sebagai sarana perdamaian. 

Mahendra Siregar, Wakil Menteri Luar Negeri, berkesempatan membuka acara ini, dan dihadiri sekitar 200 undangan yang terdiri dari tokoh-tokoh nasional dan para Duta Besar negara sahabat. Hadir pula Meutia Hatta, Ketua Dewan Juri tahun ini.

Mahendra mengatakan acara penganugerahan ini merupakan promosi atas capaian dan hasil-hasil diplomasi Indonesia dan merupakan pesan mengenai pentingnya diplomasi Indonesia sebagai alat perdamaian.

Baca Juga: Megawati Digelari Doktor Kehormatan Universitas Jepang, Rektor: Beliau Berani 

Selain itu, ungkap Mahendra, sebagai penghormatan kepada tokoh-tokoh sentral Indonesia yang berperan besar dalam diplomasi. "Bapak Jusuf Kalla merupakan negosiator unggul dan simbol kebanggaan kita semua dan kiprahnya telah teruji dalam misi kemanusiaan dan upaya perdamaian," ujar Mahendra, dalam keteranganya, Kamis (23/1/2020).

Diketahui, Yayasan Sekar Manggis didirikan pahlawan nasional, Dr. Ide Anak Agung Gde Agung, yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Menteri Dalam Negeri pada era pemerintahan Presiden Soekarno. Anugerah untuk Keunggulan Dalam Diplomasi diinspirasi dari pendirian mendalam dari Dr. Ide Anak Agung Gde Agung yang memiliki moto bahwa diplomasi sama dengan perdamaian.

Penganugerahan kepada Dr. H. Muhammad Jusuf Kalla merupakan pengakuan atas kontribusi penting beliau di dunia diplomasi, baik di dalam negeri maupun di manca negara dengan menyelesaikan berbagai permasalahan, seperti antara lain konflik di Aceh, kerusuhan di Poso, pertikaian antara muslim Pattani dan Pemerintah Thailand di Thailand Selatan.

Sementara, tokoh-tokoh nasional Indonesia lainnya yang telah menerima anugerah ini antara lain, Muhammad Hatta, Adam Malik, Mochtar Kusumaatmadja dan Ali Alatas.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0