Jelang Sepekan Bencana Banjir, Genangan Air Makin Surut dan Jumlah Pengungsi Menurun :: Nusantaratv.com

Jelang Sepekan Bencana Banjir, Genangan Air Makin Surut dan Jumlah Pengungsi Menurun

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Dengan Curah Hujan Tinggi Masih Akan Berlangsung Hingga Sepekan ke Depan.
Jelang Sepekan Bencana Banjir, Genangan Air Makin Surut dan Jumlah Pengungsi Menurun
Petugas dan warga membersihkan sampah banjir. (Twitter @BPBDJakarta)

Jakarta, Nusantaratv.com - Enam hari pascabanjir di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) dan sekitarnya, data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), pada Selasa (7/1/2020) pukul 06.00 WIB, menunjukkan genangan air hanya terlihat di dua titik wilayah, yakni Kabupaten Bogor (Jawa Barat) sekitar 20 cm dan Jakarta Barat (Jakbar) sekitar 20-60 cm. 

Dikutip dari siaran pers BNPB, Selasa (7/1/2020), terjadi penurunan jumlah pengungsi yang cukup signifikan, semula 36.419 jiwa menjadi 14.535 jiwa. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi masih akan berlangsung hingga sepekan ke depan, dan siklus ini akan berulang hingga pertengahan Februari.

Baca Juga: Ini Berbagai Penyebab Banjir Jakarta dan Sekitarnya

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dengan aktif memantau informasi peringatan dini cuaca dari BMKG serta gotong royong dalam melakulan pembersihan got, gorong-gorong, selokan dan daerah resapan air lainnya. Hal ini dilakukan sebagai langkah kesiapsiagaan dan mitigasi dalam menghadapi curah hujan tinggi yang berpotensi banjir," ujar Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Sementara itu, jumlah korban meninggal bertambah tujuh orang, yang semula 60 orang menjadi 67 orang per tanggal 6 Januari 2020. Korban meninggal karena banjir lima orang di Kota Tangerang (Banten) dan satu orang meninggal di pengungsian di Kabupaten Bogor.
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0