Isolasi Mandiri COVID-19 Bukan Berarti Diasingkan :: Nusantaratv.com

Isolasi Mandiri COVID-19 Bukan Berarti Diasingkan

Isolasi Mandiri Sebagai Upaya Dalam Memutus Rantai Penyebaran COVID-19.
Isolasi Mandiri COVID-19 Bukan Berarti Diasingkan
dr Achmad Yurianto, Juru Bicara untuk Penanganan COVID-19. (M Arfari Dwiatmodjo/Humas BNPB)

Jakarta, Nusantaratv.com - Orang yang melakukan isolasi mandiri terkait virus corona (COVID-19) bukan berarti diasingkan dari masyarakat.

Hal itu dikatakan dr Achmad Yurianto, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekaligus Juru Bicara untuk Penanganan COVID-19, di Gedung Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Senin (6/4/2020).

Menurutnya, isolasi mandiri sebagai upaya dalam memutus rantai penyebaran COVID-19. "Bukan berarti isolasi sosial atau diasingkan," kata Yuri, sapaan akrabnya.

Dia menegaskan isolasi mandiri menjadi kunci penting dalam upaya pencegahan virus SARS-CoV-2 atau corona penyebab COVID-19 yang menular kepada orang tidak sakit terutama rentan tertular.

Baca Juga: Ini Evaluasi Jokowi Terkait Penanganan COVID-19 

Pemerintah juga tidak henti-hentinya untuk selalu menegaskan bila orang yang sakit harus dipisah dengan orang yang tidak sakit dengan cara isolasi mandiri atau karantina kesehatan.

Diketahui, untuk beberapa kategori orang yang perlu melakukan isolasi mandiri yakni pertama, setelah melakukan pengambilan atau tes swab dan diketahui positif. Kemudian kedua orang kategori yang mungkin sakit, yaitu setelah melakukan rapid test atau tes cepat dan diketahui positif maka harus melakukan karantina kesehatan.

Selanjutnya, orang yang mengalami keluhan di antaranya tubuh mengalami peningkatan panas, batuk, sakit tenggorokan, sesak napas dan sebagainya maka dianggap sakit dan harus melakukan karantina kesehatan.

Kendati demikian, hal yang menjadi suatu masalah saat ini ialah paling banyak orang tanpa keluhan dan dikhawatirkan mereka sudah terinfeksi serta berpotensi menularkan virus pada orang lain.

"Dalam kondisi kini kalau ada keluhan sebaiknya isolasi diri," tukas Yuri. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0