Cegah COVID-19, Awak Kapal WNI MSC Fantasia Dipulangkan dari Portugal :: Nusantaratv.com

Cegah COVID-19, Awak Kapal WNI MSC Fantasia Dipulangkan dari Portugal

Para Awak Kapal WNI Telah Dites Kesehatan dan Tidak Memiliki Gejala COVID-19.
Cegah COVID-19, Awak Kapal WNI MSC Fantasia Dipulangkan dari Portugal
Awak kapal WNI MSC Fantasia. (Dok. Humas Kemenlu)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sekitar 228 awak kapal WNI (warga negara Indonesia) di kapal pesiar MSC Fantasia berhasil dipulangkan menggunakan pesawat komersial Air Europa. Mereka tiba di Denpasar, Bali, pada Sabtu (4/4/2020).

Dilansir dari laman kemlu.go.id, Senin (6/4/2020), para awak kapal tersebut sudah menjalani tes kesehatan dan tidak memiliki gejala yang menunjukan terinfeksi virus corona (COVID-19).

"Atas nama pribadi dan awak kapal WNI MSC Fantasia, kami menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan, dukungan dan fasilitasi yang telah diberikan KBRI Lisabon selama proses pemulangan," kata I Made Sedana, salah satu awak kapal MSC Fantasia, sebelum keberangkatan pesawat Air Europa AEA672 dengan rute langsung Lisabon-Denpasar.

Baca Juga: Menlu: Pemerintah Beri Perlindungan WNI di Luar Negeri Terkait COVID-19

Pemulangan tersebut dilakukan akibat pembatasan otoritas dunia terhadap perjalanan kapal pesiar sebagai respon pencegahan COVID-19. Selama proses pemulangan, KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Lisabon terus menjalin komunikasi dengan para awak kapal untuk memastikan kondisi kesehatan dan terpenuhinya hak-hak mereka.

Kapal pesiar MSC Fantasia membawa total 1.338 penumpang dan berlayar mulai dari Rio de Janeiro, Brazil, menuju Eropa dan berlabuh di Lisabon, Portugal. Penumpang dan awak kapal pesiar tersebut berasal dari 39 negara, antara lain negara-negara Uni Eropa, Inggris, Brazil, Australia, dan Filipina, sedangkan 228 di antaranya adalah para WNI yang telah berhasil pulang ke Tanah Air.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0