Cegah Corona, Pemerintah Siapkan Opsi Larangan Mudik Lebaran :: Nusantaratv.com

Cegah Corona, Pemerintah Siapkan Opsi Larangan Mudik Lebaran

Pemerintah sedang mempersiapkan opsi kebijakan tidak mudik lebaran tahun 2020,
Cegah Corona, Pemerintah Siapkan Opsi Larangan Mudik Lebaran
Kepadatan lalu lintas saat mudik lebaran./merdeka.com

Nusantaratv.com - Hingga kini wabah virus corona belum ada tanda-tanda penurunan. Intensitas kasus baru pasien terinfeksi positif virus corona masih banyak terjadi. Melihat kondisi ini, pemerintah sedang mempersiapkan opsi kebijakan tidak mudik lebaran tahun 2020, seperti diungkapkan Jodi Mahardi, juru bicara Kementerian Kordinator Maritim dan Investasi.

“Kami sudah bersepakat, hal yang paling utama adalah menjaga keselamatan masyarakat. Atas berbagai pertimbangan ini, kami melihat opsi kebijakan pelarangan mudik,” kata Jodi di Jakarta, Selasa (24/3).

Jodi mengatakan, ada tiga skenario yang tengah digodok oleh sejumlah kementerian terkait. Pertama, bussines as usual artinya mudik lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Kedua, meniadakan mudik gratis oleh perusahaan. Ketiga, skenario pelarangan mudik. “Ketiga skenario itu akan segera dilaporkan kepada Presiden,” kata Jodi.

Sementara itu, kepada para calon kepala daerah yang hendak berlaga di Pilkada serentak 2020 diimbau tidak menyelenggarakan mudik gratis sebagai sarana kampanye politik. Demikian itu diungkapkan Akmal Malik, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

“Tahun 2020 akan ada Pilkada di 207 daerah. Kemungkinan para calon akan mengadakan mudik gratis dan Mendagri akan bersurat untuk melarang mudik gratis,” ungkap dia.

Baca Juga: Kemenag Anjurkan Penggunaan Dana BOS Madrasah untuk Cegah COVID-19

Terkait mudik lebaran 2020, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan mengambil sejumlah langkah taktis dalam hal transportasi lebaran. Wacana yang tengah dipertimbangkan adalah melarang kendaraan dari wilayah Jabodetabek yang akan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Adapun untuk transportasi udara, Direktorat Jenderal Perhubungan udara Kemenhub berencana mengurangi kuota penumpang hingga 50%. Kebijakan ini tidak berlaku untuk pengiriman logistik, pemerintah tetap memberikan pelayanan secara maksimal. 

Dari sisi keamanan dan ketertiban masyarakat, Polri seperti biasa tetap akan melaksanakan Operasi Ketupat. Sedangkan TNI akan menjaga sejumlah objek vital seperti pintu tol dalam mendukung kebijakan tidak mudik lebaran tahun 2020 ini.

Sumber: indonesiainside.id

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0